Peningkatan Urban Health Resilience dengan Strategi Retrofitting Elemen Rancang Kota pada Permukiman Padat

Aurelia Dewi, Muhammad Sani Roychansyah, Atrida Hadianti

Sari


Pertambahan penduduk perkotaan seringkali terjadi tanpa perencanaan yang memadai, terutama di kawasan pemukiman. Ini menyoroti kebutuhan untuk memikirkan kembali ruang perkotaan untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim, bencana alam, kerusuhan sosial, dan wabah penyakit menular. COVID-19 telah menimbulkan pertanyaan tentang kerentanan kota terhadap masalah kesehatan, menyoroti perlunya langkah-langkah responsif dan adaptif. Konsep kota berbasis ketahanan kesehatan (Health Resilience) dapat menciptakan sistem kesehatan yang dapat merespon dan beradaptasi dengan tantangan baru, meningkatkan kesehatan. Strategi perkuatan diterapkan untuk meningkatkan ketahanan kesehatan perkotaan (Urban Health Resilience) di permukiman padat penduduk, dengan fokus pada indikator seperti keragaman penggunaan lahan, kepadatan bentuk lingkungan, kualitas bentuk lingkungan, infrastruktur transportasi, konektivitas jalan, taman, rekreasi, serta akomodasi dan layanan darurat. Dengan meningkatkan perancangan kota melalui elemen rancang kota yang secara tidak langsung juga akan mengubah dan mendukung perilaku individu dan masyarakat untuk memiliki hidup yang lebih sehat. Berdasarkan penyelesaian dan penilaian yang diberikan diketahui bahwa penerapan tipe-tipe model retrofitting dapat diletakkan secara menyeluruh tidak memiliki perbedaan pada desain hanya saja terdapat perbedaan pada intensitas penerapan yang perlu untuk didahulukan dan menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan konteks lingkungan yang ada untuk mencapai nilai tingkat ketahanan kesehatan kota (Urban Health Resilience) yang baik dan ideal.

Kata Kunci


Elemen Rancang Kota; Ketahanan Kesehatan; Permukiman Padat; Retrofitting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


CDC. (2022). What’s your role? Land Use and Community Design. In Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/physicalactivity/activepeoplehealthynation/everyone-can-be-involved/land-use-and-community-design.html

Eggimann, S. (2022). The potential of implementing superblocks for multifunctional street use in cities. Nature Sustainability, 5(5), 406–414. https://doi.org/10.1038/s41893-022-00855-2

Ghishan, S., Al-Tal, R., & Aburamadan, R. (2023). COVID-19 causes and influences: rethinking neighborhood design in Jordan. Journal of Urbanism: International Research on Placemaking and Urban Sustainability, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/17549175.2023.2181850

Indriyani, W., Yudhistira, M. H., Sastiono, P., & Hartono, D. (2022). The relationship between the built environment and respiratory health: Evidence from a longitudinal study in Indonesia. SSM - Population Health, 19, 101193. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2022.101193

Lombard, J. (2016). Designing Parks for Health | Feature | Parks and Recreation Magazine | NRPA. https://www.nrpa.org/parks-recreation-magazine/2016/october/designing-parks-for-health/

Mihaylova, N. (2021). How transport offers a route to better health. The Health Foundation. https://www.health.org.uk/publications/long-reads/how-transport-offers-a-route-to-better-health

Nguyen, P.-Y., Astell-Burt, T., Rahimi-Ardabili, H., & Feng, X. (2021). Green Space Quality and Health: A Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21), 11028. https://doi.org/10.3390/ijerph182111028

Pavlick, D., Faghri, A., DeLucia, S., & Gayen, S. (2020). Human Health and the Transportation Infrastructure. Journal of Human Resource and Sustainability Studies, 8(3), 219–248. https://doi.org/10.4236/jhrss.2020.83013

Shirazi, M. R. (2020). Compact Urban Form: Neighbouring and Social Activity. Sustainability, 12(5), 1987. https://doi.org/10.3390/su12051987

Soofi, Y. (2016). Achieving Urban Resilience: Through Urban Design and Planning Principles. http://files/535/Soofi - 2016 - Achieving Urban Resilience Through Urban Design a.pdf

Sung, J., & Monschauer, Y. (2020). Changes in transport behaviour during the Covid-19 crisis – Analysis. In IEA. https://www.iea.org/articles/changes-in-transport-behaviour-during-the-covid-19-crisis

Swan, K., & Bridle, L. (2023). Designing Transit Projects for Equity. In HOK. https://www.hok.com/ideas/research/designing-transit-projects-for-equity/

Vianna Franco, M. P., Molnár, O., Dorninger, C., Laciny, A., Treven, M., Weger, J., Albuquerque, E. da M. e, Cazzolla Gatti, R., Villanueva Hernandez, L.-A., Jakab, M., Marizzi, C., Menéndez, L. P., Poliseli, L., Rodríguez, H. B., & Caniglia, G. (2022). Diversity regained: Precautionary approaches to COVID-19 as a phenomenon of the total environment. The Science of the Total Environment, 825, 154029. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2022.154029

Weise, S. (2021). Analysing sites for connectivity and creating 20-min neighbourhoods. https://www.placechangers.co.uk/blog/health-impacts/analysing-sites-for-connectivity-and-creating-20-min-neighbourhoods/

Yang, H. J., Song, J., & Choi, M. J. (2016). Measuring the Externality Effects of Commercial Land Use on Residential Land Value: A Case Study of Seoul. Sustainability, 8(5), 432. https://doi.org/10.3390/su8050432




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2023.v4i2.4872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.