ANALISIS WAKTU PELAYANAN CHECK IN COUNTER DI BANDARA ABDUL RACHMAN SALEH MALANG

Desy Rozana Sari, Kurnia Hadi Putra

Abstract


Bandara Abdul Rahcman Saleh merupakan satu-satunya bandara yang dikelola pemprov setempat, sedangkan bandara lainnya dikelola PT Angkasa Pura. Yang terletak di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau 17 km arah timur dari pusat Kota Malang. Penerbangan Sipil di. Dari tahun 2005 sampai 2011 jumlah penumpang semakin bertambah. Untuk penerbangan sipil melayani rute Malang-Jakarta dilayani oleh maskapai Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink Indonesia . Sedangkan untuk  rute Malang-Denpasar dilayani  oleh Wings  Air,  anak  perusahaan  dari Lion  Air menggunakan  pesawat Avions  de  Trasnport  Regional, yaitu ATR 72 seri 500. Lion Group merupakan salah satu bagian dari penerbangan maskapai yang ada di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang terdiri dari maskapai Lion Air,Batik Air,Wings Air,Sriwijaya Air.Maskapai yang punya jam penerbangan cukup sering membuat penumpang ingin melakukan check in tepat waktu.Waktu normal yang dibutuhkan untuk menunggu dalam antrian proses pelayanan check-in counter adalah kurang dari 20 menit dan ketika proses check-in adalah 2 menit 30 detik (PM 49, 2012).

Keywords


Check In Counter, First In First Out

Full Text:

PDF

References


Departemen Perhubungan RI Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 25 Tahun (2008).2008. Penyelenggaran Angkutan Udara. Jakarta.

Departemen Perhubungan RI Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 49 Tahun (2012).2012. Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Jakarta.

Departemen Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. (2005). Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/77/VI/2005. Jakarta.

Departemen Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. 2004. SNI 03-7046-(2004) Terminal Penumpang Bandar Udara. Jakarta.

Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Horonjeff, Robert & Mc Kelvey, F. (1993). Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara.Jakarta: Erlangga.

Kountur, R. (2004). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Jakarta: PPM.

Tamin,O.Z.(2008), Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi. Bandung : ITB.Tjokroadiredjo. R. E. (1990). Ekonomi Rekayasa Transportasi. Bandung : ITB.

Husnan, Suad, 1982., “Teori Antrian”. BPFE : Yogyakarta.

Sandhyavitri, et al. (2005). Teknik Lapangan Terbang 1 (Teori Dasar). Pekanbaru:Jurusan Teknik Sipil Universitas Riau.

Bambang Sari Dadi (2009), “Pemodelan dan Simulasi Sistem: Teori, Aplikasi dan Contoh Program dalam Bahasa C”: Artikel

Kakiay, Thomas J, 2004. “Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata.”Andi : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.