Desain Sistem Informasi Penjualan Rumah

Suzana Dewi, Suryo Atmojo, Nurwahyudi Widhiyanta, Rio Setiawan, Rafli Sandiar

Abstract

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, kebutuhan akan “Papan” atau Rumah untuk tempat tinggal, adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Khususnya kini, dengan makin bertambahnya jumlah penduduk, bertambahnya keluarga – keluarga, maka kebutuhan akan rumah mengalami peningkatan. Dari hari demi hari, lahan – lahan kosong diubah menjadi kompleks perumahan guna memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Selain jumlah perumahan yang meningkat, jumlah pelaku bisnis yang bergerak di bidang perumahan pun meningkat pesat, sehingga persaingan pun terjadi di antara pelaku bisnis bidang perumahan. Para pemasar atau penjual perumahan berupaya dengan berbagai cara untuk bisa memasarkan atau menjual rumah – rumahnya ke calon pembeli. Di masa teknologi informasi yang sedemikian maju dan kompleksnya saat ini, sinergi antara strategi penjualan atau pemasaran rumah pun dan teknologi informasi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Siapa yang menguasai infromasi, akan menguasai pasar, demikian kata pepatah bijak yang terkait. Maka, tujuan yang ingin dicapai dari pembahasan yang akan dilakukan ini adalah agar bisa mengembangkan dan mengimplementasikan suatu sistem yang dapat memonitor dan menganalisa aktivitas pemasaran produk – produk perumahan di suatu perusahaan properti yang ditargetkan. Dengan adanya  hal tersebut, diharapkan, akan dapat  mendukung pihak - pihak  terkait dengan berbagai  proses yang dilakukan, yang dimulai sejak proses pengumpulan data, utamanya dalam  kegiatan penjualan (pemasaran)  perumahan. Terkait hal tersebut, maka metodologi  yang akan dipakai dan digunakan oleh penulis adalah suatu metode analisis  yang disertai perancangan. Kegiatan metode  analisis, akan dilakukan dengan cara melalui  survei   terhadap  sistem   yang ada dan telah dilakukan  dan juga melakukan diskusi dengan pihak -  pihak  yang terkait dengan sistem yang telah dilakukan tersebut. Unified Modelling Language (UML) akan digunakan untuk perancangannya. Hasil yangdiharapkan dapat dicapai, berupa desain – desain yang meliputi sistem informasi rancangan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan juga Class Diagram. Dengan adanya kegiatan – kegiatan tersebut, maka disimpulkan bahwa hal yang didapatkan dari aktivitas analisa dan perancangan Sistem Pemasaran atau Penjualan adalah sistem pemasaran atau penjualan yang dilakukan dapat membantu dan menyederhanakan serta tentunya memudahkan aktivitas pengumpulan data, dimana data itu akan berfungsi untuk membuat keputusan yang baik dan benar, serta membuat pilihan yang paling tepat dan akurat, yang selama ini susah diperoleh, Saran atau masukan   yang  dapat dipertimbangkan guna mendukung kelancaran sistem yang dibuat ini, yaitu perlunya  pengembangan  sistem  lebih  lanjut yang dapat diimplementasikan dengan    memberikan tambahan   fungsi-fungsi    yang lain sehingga  tujuan akhir ingin dicapai akan tersusun   sebuah   sistem yang  terintegrasi  dengan   melibatkan lebih banyak aspek - aspek terkait kegiatan operasional penjualan rumah

Keywords

Perumahan; Object; Oriented; Analysis; System

Full Text:

PDF

References

H. Fathina, "Contoh Tinjauan Pustaka beserta Fungsi dan Cara Membuatnya," https://kabar24.bisnis.com/read/20230829/79/1689593/contoh-tinjauan-pustaka-beserta-fungsi-dan-cara-membuatnya, 2023.

F. Purwaningtias, "" E-COMMERCE PENJUALAN BERBASIS METODE OOAD"," Jurnal Cendikia Vol. XV | Cendikia , 2018. .

W. Raharja, "https://widuri.raharja.info/index.php?title=OOAD_(Object_Oriented_Analysis_Design)_(SL401)," " OOAD (Object Oriented Analysis Design) (SL401),", 2014..

Erwin, "" Object Oriented Design – Review,"," https://sis.binus.ac.id/2021/12/03/object-oriented-design-review/. , 2021.

S. Anardani, Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan, Madiun: Unipma Press, 2019.

Tri Prabowo, Thoriq, “Surplus Sampah Informasi”, Radar Yogya, 15 Februari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.