Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering untuk Rekomendasi Buku Sastra
Abstract
Buku merupakan hasil karya yang ditulis atau dicetak dengan halaman-halaman yang dijilid, pada satu sisi atau hasil karya ditujukan untuk sebuah penerbitan, buku dianggap berhasil jika buku tersebut dapat menggugah minat dari khalayak umum (sasaran) dalam memahami isi dari buku tersebut dan buku sastra merupakan buku yang memuat sebuah inspirasi dari keindahan. Sastra adalah semua buku yang berisi perasaan kemanusiaan kebenaran yang benar dan bermoral kesucian. dengan sentuhan, luas pandang dan bentuk yang mempesona. Dengan sangat pesatnya era digital di masa sekarang terdapat beberapa sistem yang dapat mendukung keputusan diantaranya adala sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi dapat membantu para pembaca buku dalam menentukan buku sastra yang akan dibaca, permasalahan tersebut dapat terjawab dengan menggunakan sistem rekomendasi menggunakan metode item-based collaborative filtering. Sistem rekomendasi dengan pendekatan item-based collaborative filtering ini mempunyai user (pengguna sistem) sebanyak 70 dan terdapat buku sastra sebanyak 35 buku, dengan melakukan proses kemiripan beberapa buku sastra yang ada pada metode lalu sistem dapat melanjutkan ke tahap proses pencarian prediksi dan nilai prediksi tertinggi yang akan mendapatkan rekomendasi buku sastra. Dari user dan buku sastra yang ada maka dilakukan pengujian (MAE) untuk menentukan besarnya error sehingga diperoleh nilai pengujian (MAE) sebesar 0,07.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
I. G. A. G. A. Kadyanan, “Perancangan Sistem Rekomendasi dalam Industri Kuliner di Bali,” J. Ilm., vol. X, no. 1, pp. 1–6, 2017.
F. Ricci, L. Rokach, and B. Shapira, “Recommender Systems Handbook,” Recomm. Syst. Handb., pp. 1–2, 2011, doi: 10.1007/978-0-387-85820-3.
S. Uyun, I. Fahrurrozi, and A. Mulyanto, “Item Collaborative Filtering untuk Rekomendasi Pembelian Buku secara Online,” Jusi, vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2011.
Aryani, B. Susilo, and Y. Setiawan, “Perancangan Sistem Rekomendasi Pemilihan Cinderamata Khas Bengkulu BerbasisE-MARKETPLACE,” J. Rekursif, vol. 7, no. 1, pp. 70–76, 2019.
A. Kurniawan, “Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 610–614, 2016.
A. A. Suryanto, A. Muqtadir, and S. Artikel, “PENERAPAN METODE MEAN ABSOLUTE ERROR (MEA) DALAM ALGORITMA REGRESI LINEAR UNTUK PREDIKSI PRODUKSI PADI Info Artikel : ABSTRAK,” no. 1, p. 11, 2019.
A. Y. P. Putri, R. Utami, and F. A. Nadhifah, "Penerapan Metode C. 45 untuk Mendukung Strategi Promosi pada Paket Data Seluler", Snestik, vol. 1, pp. 339-344, 2021.
DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anggi Yhurinda Perdana Putri, Muhammad Ainul Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.