PERANCANGAN MODEL WIRELESS FAST CHARGING MENGGUNAKAN CONSTANT VOLTAGE PADA KENDARAAN LISTRIK

Salman Parizi, Andi M Nur Putra, Ridho Anfu Salam, Gilang Ramadhan, Anggun Anugruh, Yusreni Warmi

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir kendaraan listrik sudah banyak digunakan, termasuk salah satu nya di Indonesia. Kendaraan listrik dapat meningkatkan efesiensi (penghematan energi) melalui penghematan bahan bakar yang lebih baik, pengurangan emisi/polusi terutama ketika listrik dihasilkan dari sumber daya terbarukan, seperti angin dan matahari). Kendaraan listrik mengandalkan baterai li-ion sebagai sumber daya utama, baterai li-ion yang aman dan andal memiliki peran penting dalam kinerja sistem electrical vehicle. Dengan demikian, keandalan dan keamanan hadir secara signifikan sehingga tidak ada tantangan dalam kinerja baterai li-ion. Selain itu penggunaan energi listrik yang dibutuhkan pada kendaraan listrik itu besar, maka dilakukan pengujian simulasi rangkain menggunakan baterai li-ion untuk mengetahui berapa besar kapasitas baterai yang akan digunakan pada mobil listrik serta bagaimana proses pengisian, lama pengisian dan keamanan baterai pada saat pengisian. Dengan demikian maka dilakukan simulasi rangkaian dengan metode tegangan konstan sehingga dapat mengetahui seperti apa model fast charging yang cocok untuk digunakan pada kendaraan listrik dan kemudian berapa lama waktu pengujian dengan menggunakan model fast charging sehingga menyesuaikan dengan standart waktu pengisian level II SAE J1772 pengisian fast charging mampu mengisi baterai dalam waktu 4 jam.

Keywords


Mobil Listrik; Baterai; pengisian; pengsisan cepat

Full Text:

PDF

References


Nicholas, Michael, and Dale Hall. 2018. “Lessons Learned on Early Fast Electric Vehicle Charging Systems.” White Paper-The International COuncil on Clean Transportation, no. July. www.theicct.org.

Collin, Ryan, Yu Miao, Alex Yokochi, Prasad Enjeti, and Annette Von Jouanne. 2019.“Advanced Electric Vehicle Fast-Charging Technologies.” Energies 12 (10). https://doi.org/10.3390/en12101839.

Aziz, Mochammad, Yosua Marcellino, Intan Agnita Rizki, Sri Anwar Ikhwanuddin, and Joni Welman Simatupang. 2020. “Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik.” TESLA: Jurnal Teknik Elektro 22 (1): 45. https://doi.org/10.24912/tesla.v22i1.7898.

Vu, Van Binh, Duc Hung Tran, and Woojin Choi. 2018. “Implementation of the Constant Current and Constant Voltage Charge of Inductive Power Transfer Systems with the Double-Sided LCC Compensation Topology for Electric Vehicle Battery Charge Applications.” IEEE Transactions on Power Electronics 33 (9): 7398–7410. https://doi.org/10.1109/TPEL.2017.2766605.

Moeini, Amirhossein, and Shuo Wang. 2018. “Design of Fast Charging Technique for Electrical Vehicle Charging Stations with Grid-Tied Cascaded H-Bridge Multilevel Converters.” Conference Proceedings - IEEE Applied Power Electronics Conference and Exposition-APEC2018-March(1540118):3583–90. https://doi.org/10.1109/APEC.2018.8341621.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salman Parizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.