Design and Simulation of PID Speed Controller on BLDC Motor
Abstract
Teknologi sistem kendali pada kendaraan listrik merupakan salah satu bidang yang saat ini sedang diteliti dan dikembangkan, salah satu penerapannya adalah untuk menggerakkan dan mengendalikan kecepatan motor listrik, Motor BLDC merupakan komponen penting pada kendaraan listrik. Karakteristik dari motor BLDC memiliki beberapa masalah antara lain overshoot saat starting, rise time yang lama, dan error steady state pada setting point pengaturan kecepatan putaran motor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensimulasikan dan merancangan parameter kendali PID untuk meningkatkan performa output response pada kondisi open loop , dengan indikator nilai overshoot yang kecil, nilai steady state error berkurang dan dapat kembali ke setting point RPM setelah diberikan gangguan. Pertama metode yang digunakan adalah dengan membaca nilai RPM pada kondisi open loop menggunakan software PSIM. Kedua, merancang fungsi transfer open loop pada MATLAB dan menghitung nilai Kp, Ki dan Kd untuk parameter kontroler PID. Hasil Simulasi menunjukkan bahwa kontroler PID dengan parameter Kp = 0.008, Ki = 1.25, Kd= 0.02 dapat bekerja sesuai dengan yang direncanakan. Ditunjukkan oleh output RPM pada motor BLDC tetap konstan pada 300 RPM. Dan saat gangguan diberikan RPM dapat kembali ke setting point dalam waktu 2 detik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Aulia Rahman and S. Riyadi, “Pengaruh Duty Cycle Terhadap Perpindahan Energi Pada Motor Bldc (Brushless Direct Current) Saat Pengereman Regeneratif Berbasis Dspic30F4012,” pp. 247–254, 2019, doi: 10.5614/sniko.2018.29.
N. Masudi, “Desain Controller Motor Bldc Untuk Meningkatkan Performa ( Daya Output ) Sepeda Motor Listrik,” pp. 1–65, 2014.
A. S. Wicaksono, “Perancangan dan Implementasi Sistem Pengaturan Kecepatan Motor BLDC Menggunakan Kontroler PI Berbasiskan Neural-Fuzzy Hibrida Adaptif,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, pp. 68–74, 2016, doi: 10.12962/j23373539.v5i2.16272.
R. Rakhmawati, F. Dwi Murdianto, and M. Wildan Alim, “Soft Starting Performance Evaluation of PI Speed Controller for Brushless DC Motor Using Three Phase Six Step Inverter,” Proc. - 2018 Int. Semin. Appl. Technol. Inf. Commun. Creat. Technol. Hum. Life, iSemantic 2018, pp. 121–126, 2018, doi: 10.1109/ISEMANTIC.2018.8549749.
I. O. P. C. Series and M. Science, “Identification parameter system for mathematical modeling BLDC motor using transfer function models Identification parameter system for mathematical modeling BLDC motor using transfer function models,” 2020, doi: 10.1088/1757-899X/821/1/012023.
I. Anshory, D. Hadidjaja, and I. Sulistiyowati, “Measurement, Modeling, and Optimization Speed Control of BLDC Motor Using Fuzzy-PSO Based Algorithm,” vol. 5, no. 1, pp. 17–25, 2021.
U. M. Sidoarjo, “TRANSFER FUNCTION MODELING AND OPTIMIZATION SPEED RESPONSE OF BLDC MOTOR E-BIKE USING INTELLIGENT CONTROLLER,” vol. 16, no. 1, pp. 305–324, 2021.
DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prasetiyo Budi Megantoro, Izza Anshory, Indah Sulistiyowati, Jamaaluddin Jamaaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.