Perancangan Game Aksi “Mengejar Kebangsaan” Menggunakan Unity 3D Berbasis Dekstop

Cholifatur Rohman Dimi Saputra, Cindy Taurusta

Abstract


Game aksi adalah permainan yang menekankan di tantangan fisik, kecepatan refleks, serta pertarungan/peperangan tempo cepat. Sebagian orang menganggap bermain game mampu menghilangkan stres dan menyenangkan. Agar bermain game tidak hanya untuk bersenang – senang, maka dalam game ini ditambahkan sedikit edukasi tentang wawasan kebangsaan untuk penggunanya. Game ini diperuntukan untuk anak usia sembilan sampai tiga belas tahun, dimainkan menggunakan pc atau berbasis dekstop tanpa memerlukan jaringan internet. Game ini bertema lari melewati rintangan dan menjawab kuis bertema wawasan kebangsaan. Semoga pesan yang ada dalam game ini dapat tersampaikan kepada pengguna dan menambah wawasan kebangsaan. Hasil dari pengujian Black-Box Testing menunjukan semua fungsi bekerja dengan baik sedangkan hasil dari pengujian dengan metode kuisoner menunjukan bahwa nilai ketertarikan dan manfaat yang didapatkan cukup tinggi. Game ini selain digunakan untuk bersenang – senang dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran tentang wawasan kebangsaan.

Keywords


Game video; game aksi; kebangsaan.

Full Text:

PDF

References


I. K. Nasution, “Stres Pada Remaja,” Univ. Sumatra Utara, pp. 1–26, 2007.

T. Kusuma, “Perbedaan Masalah Mental Emosional Pada Remaja Yang Bermain Video Game Aksi Dan Non Aksi,” Fak. Kedokt. Univ. Diponegoro, pp. 1–107, 2014.

F. I. Tiningrum, “Hubungan antara Kecanduan Video Game dengan Stres pada Mahasiswa Universitas Surabaya,” J. Ilm. Univ. Surabaya, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2013, [Online]. Available: http://journal.ubaya.ac.id.

M. Tjahyadi, A. Sinsuw, V. Tulenan, and S. Sentinuwo, “Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–6, 2015, doi: 10.35793/jti.4.2.2014.6990.

D. H. Murdock, “Flowcharts,” Audit. Essentials, pp. 235–239, 2018, doi: 10.1201/9781315178141-51.

I. Setiawan, “Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM,” J. Tek. Elektro, pp. 1–2, 2006.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cholifatur Rohman Dimi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.