Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa
Abstract
Internet merupakan sumber ilmu dan media pembelajaran yang paling efektif. Dengan internet kita bisa mengambil berbagai macam referensi belajar. Internet dapat mengakses buku, jurnal, penelitian, artikel dengan sangat mudah dan cepat. Internet juga berdampak buruk bagi mahasiswa. Internet sering disalahgunakan seperti menyalin jawaban dari internet, menyontek, dll. Hal ini menunjukkan bahwa internet memberikan dampak buruk dan negatif bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner ini berisi daftar 12 pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis internet sangat membantu mahasiswa dalam belajar dengan persentase sebesar 81,7%. Dengan adanya internet, pemahaman materi yang disampaikan oleh dosen lebih mudah dipahami karena dapat mencari referensi atau contoh aplikasi dari internet, hal ini dibuktikan dengan data 66,7% sangat setuju dan 31,7% setuju. Internet juga dapat mempengaruhi nilai mahasiswa, namun dampaknya bisa positif atau negatif tergantung dari penggunaan internet masing-masing mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan data 43,3% sangat setuju dan 38,3% setuju bahwa internet mempengaruhi nilai mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Setiyani, “PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR,” p. 17, 2010.
Anggraeni Agustin Muris, “PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DI PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS BATURAJA,” J. Ilm. MATRIK, vol. 23, pp. 119–132, Apr. 2021, doi: https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i1.1104.
Estika Satriani, “SUMBER BACAAN ONLINE DALAM MEMBANGUN READING HABIT MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM RIAU,” Lect. J. Pendidik., vol. 9, no. Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan, pp. 168–178, Aug. 2018, doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1607.
Rose Fitria Lutfiana, “Media pembelajaran merupakan media yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Media pembelajaran antara lain, audio, visual diam, visual gerak, fotografi, dll,” J. PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 7, no. https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.15739 Vol. 7 No. 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021, pp. 1–10, Sep. 2021, doi: https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.15739.
Septy Nurfadhillah, Asa Amelia Hambari, Khairun Nisaa, and Salsabillah, “OPTIMALISASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI MEDIA KONKRET DAN MEDIA VISUAL DI KELAS 3 SD PLUS AR-RAHMANIYAH SERPONG UTARA,” BINTANG J. Pendidik. Dan Sains, vol. 3, no. Vol 3 No 2 (2021): AGUSTUS, pp. 228–243, Agustus 2021, doi: https://doi.org/10.36088/bintang.v3i2.1301.
Siti Aisyah and Muhammad Alif Kurniawan, “PenggunaanMediaPembelajaranDaringpadaMasaPandemiCOVID-19,” JURMIA J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), pp. 48–56, Feb. 2021, doi: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195.
Akifee Bensulong, Fitrian Nur Afifah, and Isna Zumrotus Solikhah, “Internet merupakan sumber pengetahuan dan media pembelajaran paling efektif,” Lingua Rima J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 10, no. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pp. 85–90, Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nurul Lailatul Khusniyah and Lukam Hakim, “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS,” J. TATSQIF, vol. 17, no. Volume 17, No. 1, Juni 2019, pp. 19–33, Jun. 2019.
Galuh Ayu Puspita and Irwansyah, “Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas,” vol. 2, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p013.
DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 richard chandrianto, Dandi Dwicahyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.