Pengaruh Sudut Deadrise Buritan Terhadap Tahanan Planning Hull V Shaped Pada Passenger Boat 29 Meter

Bayu Raditya Aziz, Erifive Pranatal

Abstract

Passenger boat atau kapal penumpang adalah jenis kapal yang dirancang untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya, terutama pada wilayah perairan yang digunakan untuk mengangkut penumpang, baik dengan tujuan sebagai transportasi wisata maupun kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variasi deadrise buritan pada kapal penumpang (Passanger Boat) 29 meter dengan lambung planning hull berbentuk V yang memiliki tahanan terendah dengan efisiensi operasional terbaik.  Variasi deadrise 10º, 15º, 20º, dan 25º dianalisis menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance, yang memungkinkan simulasi hambatan kapal. Dengan mempertahankan displacement konstan, bentuk lebar kapal diubah untuk setiap variasi sudut. Hasil analisis dari simulasi variasi sudut deadrise 10º, 15º, 20º, dan 25º , menunjukkan bahwa sudut deadrise 15º menjadi sudut yang memiliki tahanan paling rendah dan dapat memberikan efisiensi operasional kapal Passenger Boat 29 meter, yang dihasilkan dari analisis dan visualisasi kontur tahanan kapal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan acuan dalam perancangan desain kapal penumpang dengan efisiensi operasional terbaik.

Kata kunci: passenger boat, sudut deadrise, tahanan kapal, planning hull, Maxsurf Resistance.

References

Chrismianto, D., A. Arswendo, Berlian. 2014. Pengaruh Variasi Bentuk Buritan Kapal Terhadap Hambatan Total Menggunakan Metode CFD. Semarang, Universitas Diponegoro. Vol. 11

Fathuddiin, A., Samuel, Kiryanto dan Widyandari, A. 2020. Prediksi Hambatan Kapal dengan Menggunakan Metode Overset Mesh pada Kapal Planing Hull. Semarang, Universitas Diponegoro. Voll 4 no. 1.

Hutabarat, M. G., Samuel, Trimulyono, Andi. 2024. Analisis Pengaruh Variasi Bentuk Haluan Dan Buritan Terhadap Hambatan Pada Kapal US Navy Combatant DTMB Model 5415 Dengan Metode CFD. Semarang, Universitas Diponegoro

Indrawan, F. dan Pranatal, E. 2024. Analisis Penggunaan Bulbous Bow pada Kapal Tanker 127 m Terhadap Hambatan Kapal Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic. Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

K. A. Vakilabadi and H. Motahar, "Analysis of Bow and Aft Modification Effect on DTMB 5415 Ship Resistance," American Journal of Mechanical Engineering, vol. 5, pp. 14-17, 2017

Kurniawan, F.A. 2024. Analisa Perhitungan Tahanan Kapal Tunda Karya Pacific 17 dengan Menggunakan Perbandingan Antara Metode Holtrop dan Software Maxsurf. Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Molland, A. F., Turnock, S. R., & Hudson, D. A. 2017. Ship resistance and propulsion. Cambridge university press.

Nadhif, I., Budiarto, U., Iqbal, M. 2021. Optimasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan. Semarang, Universitas Diponegoro. Voll 9 no. 1.

Pranatal, E., 2021. Analisa Pengaruh Sudut Deadrise Planning Craft Terhadap Stabilitas dan Seakeeping. Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, vol. 14, pp.

Pranatal, E., 2020. Pengaruh Sudut Deadrise terhadap Tahanan Planning Hull. Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, pp.

Unknown. Deadrise Defined. http://www.weldcraftmarine.com/deadrise-defined/ (Diakses 30 Oktober 2024)

Savitsky, D., (1964) Desain Hidrodinamik Lambung Planing, Teknologi Kelautan SNAME

J. B. Hadler., (1965) Prediksi Kinerja Daya, Planing Craft, SNAME.

J. B. Hadler, E. N. Hubble, H. D. Holling., (1970) Karakteristik Hambatan dari Rangkaian Sistematis Bentuk Lambung Planing Seri 65, SNAME.

Lars Lrsson, Rolf E. Eliasson., (2000) Prinsip Desain Kapal Pesiar, edisi kedua, Int'l Marine Camden Maine.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.