Peningkatan Kualitas Produk Pagar Dengan Metode SQC (Statistical Quality Control) dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) Sebagai Upaya Perbaikan (Studi Kasus: Bengkel Las Gracia Sidoarjo)

Arif Rahman, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan alat penting bagi perusahaan untuk memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan. Bengkel Las Gracia bergerak dibidang pengelasan seperti kerangka kontruksi, pagar, kanopi dan sebagainya Bengkel Las Gracia melakukan kegiatan produksi berdasarkan permintaan pelanggan (make to order). Permasalahan yang dialami oleh Bengkel Las Gracia ini menurunnya jumlah orderan sebesar 30%, hal ini dikarenakan adanya beberapa keluhan dari pelanggan mengenai kualitas produknya. Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki kualitas produk pagar. Dalam pengolahan data metode SQC terdapat 3 kecacatan yaitu cat terkelupas 183unit (34%), las tidak rata 181unit (33%) dan bengkok 180unit (33%) oleh karena itu penelitian ini berfokus pada kecacatan cat terkelupas dan pada metode FMEA nilai RPN tertinggi yaitu operator tidak berpengalaman sebesar 240 dan yang terendah yaitu suhu yang terlalu panas sebesar 100. Rekomendasi perbaikan menggunakan 5W+1H meliputi pelatihan sertifikasi blasting untuk penyebab kecacatan yang paling tinggi, melakukan pengecekan alat kerja serta material yang akan digunakan, memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) setiap melakukan pekerjaan.

Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Defect, SQC, FMEA

References

T. Sani and Sumiati, “Pengendalian Kualitas Pengelasan Pada Project Fabrikasi Metal Duct MBI Menggunakan Metode SQC Dan FMEA,” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, vol. 3, no. 1, pp. 167–177, Dec. 2023, doi: 10.55606/juprit.v3i1.3221.

M. E. Setiabudi, P. Vitasari, and T. Priyasmanu, “Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Menurunkan Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Statistical Quality Control Pada Umkm. Waris Shoes,” Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, vol. 3, no. 2, 2020.

S. Fadhilah and R. Zakaria, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada PT. XYZ Menggunakan Metode Six Sigma DMAIC,” WALUYO JATMIKO PROCEEDING, pp. 1–10, Nov. 2023, doi: 10.33005/wj.v16i1.28.

M. R. Darmawan, A. W. Rizqi, and M. D. Kurniawan, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tempe Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Di CV. Aderina,” SITEKIN: Jurnal Sains Teknologi dan Industri, vol. 19, no. 22, pp. 295–300, 2022.

A. Pranata, N. Luh, and P. Hariastuti, “Pengendalian Kualitas Produk Meja Knockdown Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus PT. XYZ),” Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri, vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2025, doi: 10.30737/jurmatis.v7i1.5768.

H. Anbar, “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Packaging Karton Box PT. X dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control,” Serambi Engineering, vol. VII, no. 2, 2022.

L. M. Ramdani, A. Zaqi, and A. Farity, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), vol. 1, pp. 85–97, 2022.

K. Husein and R. Rochmoeljati, “Meminimasi Cacat Produk Bogie Tipe S2e-9c Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Dan Failure Mode Effect Analysis (Fmea) Pada PT XYZ,” 2021.

A. Bagaskoro, M. Yusuf, and P. Wisnubroto, “Analisis Faktor Penyebab Produk Cacat Pakaian Dengan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) DI CV. YUSSUF & CO,” JURNAL REKAVASI: Jurnal Rekayasa dan Inovasi Teknik Industri, vol. 8, no. 1, pp. 44–51, 2020.

N. Ardiansyah and H. C. Wahyuni, “Analisis Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode FMEA dan Fault Tree Analisys (FTA) Di Exotic UKM Intako,” PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 2, no. 2, pp. 58–63, Dec. 2021, doi: 10.21070/prozima.v2i2.2200.

M. Permana, “Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan,” Jurnal Dinamika Manajemen, vol. 4, no. 2, pp. 115–131, 2020.

H. Setiawan, “Analisa Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Metode Statistical Processing Control pada Rumah Warna Yogyakarta,” 2019.

Hidayat, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tangga Besi Pt. Ajg Untuk Mengurangi Kecacatan Produk Menggunakan Metode Statistik Quality Control (SQC),” Journal of Industrial Engineering and Operation Management, vol. 5, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.31602/jieom.v5i1.7181.

K. Kurnadi, M. Marsudi, and Y. Maulana, “Analisis Pengendalian Produk Cacat Pada Kayu Lapis Menggunakan Sqc (Statistical Quality Control) Pada Pabrik Pt. Wijaya Tri Utama Plywood Industry,” Journal of Industrial Engineering and Operation Management, vol. 3, no. 2, Nov. 2020, doi: 10.31602/jieom.v3i2.4998.

H. Nastiti, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Statistical Quality Control,” Sustainable Competitive Advantage (SCA), vol. 4, no. 1, 2014.

S. Elmas, “Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Untuk Meminimumkan Produk Gagal Pada Toko Roti Barokah Bakery,” 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.