Mengevaluasi Konten Instagram Universitas Dinamika Berdasarkan Perspektif Mahasiswa

Heppy Putri Agustin, Yasmin Tresha Larasati, Ayouvi Poerna Wardhanie, Pradita Maulidya Effendi

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas konten Instagram Universitas Dinamika dari perspektif mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dan relevansi konten yang disajikan. Mengingat pentingnya media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat pemasaran digital, penelitian ini berusaha memahami respons mahasiswa terhadap konten yang ada saat ini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap lima mahasiswa dari berbagai program studi. Dalam menggali jawaban responden, peneliti menggunakan semi structured interviews secara tatap muka dengan masing-masing waktu 30-40 menit, dan untuk memperoleh data, studi ini menggunakan purposive sampling. Data wawancara dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram Universitas Dinamika saat ini sangat berfokus pada promosi eksternal dan kegiatan yang lebih ditujukan untuk audiens luar, belum memenuhi kebutuhan dan minat mahasiswa. Mahasiswa menilai kualitas informasi sebagai aspek yang paling penting dan menghargai konten yang jelas serta relevan dengan kehidupan akademik mereka. Meskipun kredibilitas konten dinilai tinggi, banyak mahasiswa merasa konten tersebut tidak cukup mengakomodasi kebutuhan mereka secara langsung. Aspek hiburan dan personalisasi konten menunjukkan potensi, tetapi kurangnya relevansi dengan minat mahasiswa menghambat engagement yang lebih tinggi. Partisipasi mahasiswa dalam bentuk likes, komentar, dan pesan langsung masih rendah.

Keywords


Content Quality; Instagram Marketing; Social Media Content; Student Perspective; University

Full Text:

PDF

References


M. A. Khalayleh and S. I. S. Al-Hawary, “The impact of digital content of marketing mix on marketing performance: An experimental study at five-star hotels in Jordan,” International Journal of Data and Network Science, vol. 6, no. 4, pp. 1023–1032, 2022, doi: 10.5267/j.ijdns.2022.8.008.

M. Braniwati and A. Bangsawan, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta,” GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 142–153, 2023.

L. D. Hollebeek and K. Macky, “Digital Content Marketing’s Role in Fostering Consumer Engagement, Trust, and Value: Framework, Fundamental Propositions, and Implications,” Journal of Interactive Marketing, vol. 45, no. 2019, pp. 27–41, 2019, doi: 10.1016/j.intmar.2018.07.003.

B. S. Hanjaya, B. S. Budihardjo, and C. A. Hellyani, “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM,” JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), vol. 1, no. 3, pp. 92–101, 2023.

V. Sanghvi, “The Role of Social Media Marketing and Dark Social in Enhancing Brand Trust and Attracting International Students to Irish Universities,” 2020. Accessed: Dec. 18, 2024. [Online]. Available: https://esource.dbs.ie/bitstream/10788/4123/1/mba_sanghvi_v_2020.pdf

D. P. Ana, “Strategi Digital Marketing Dalam Peningkatkan Jamaah Umroh Millenial ESQ Tours Travel,” 2024. Accessed: Dec. 18, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77874

G. Wiradharma, M. Arisanty, and R. Budiman, “Preferensi dan perilaku pemanfaatan media mahasiswa perguruan tinggi jarak jauh Preferences and behavior of media utilization of distance college students,” Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, vol. 9, no. 2, p. p-ISSN, 2023.

R. Pramudita, R. W. Arifin, A. N. Alfian, N. Safitri, and S. D. Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” 2021.

P. N. KRISHNA, “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Mahasiswa PPKn Universitas Lampung Dalam Mengakses Informasi Media Sosial,” 2023.

T. Liedfray, F. J. Waani, and J. J. Lasut, “Peran Media sosial dalam mempererat interaksi antar keluarga di desa Esandom kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara,” Jurnal Ilmiah Society, vol. 2, no. 1, 2022.

D. Shukmalla, C. Savitri, and W. Pertiwi, “Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang),” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 3, 2023.

O. Hamdan, B. H. Zhen, M. Alkharabsheh, and B. Ho Zhen, “The Impact of Content Marketing, Social Media Marketing and Online Convenience on Consumer Buying Decision Process,” CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, vol. 1, no. 1, pp. 1823–1834, 2021.

R. G. Suyatna, S. Alam, and N. V. Putri, “Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial dalam Menarik Mahasiswa Baru Universitas Primagraha,” Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 26–34, 2024.

N. A. Fitri, “Dampak E-Commerce Terhadap Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Platform Shopee),” PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 67–77, 2022, doi: 10.62394/projmb.v1i2.34.

I. A. I. Pidadaa and P. G. G. T. Suyasab, “The impact of content marketing, influencers, and e-promotion on purchase intention,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, vol. 31, 2021.

N. S. M. Parasari, A. A. I. A. Maheswari, I. G. N. O. Ariwangsa, and N. P. A. M. I. Setyawati, “Percaya tidak percaya: Benarkah jika kepercayaan dapat dibangun setelah mengkonsumsi suatu konten?(Studi fenomenologi konten edukasi pada ternak uang),” Journal of Business & Banking, vol. 13, no. 1, pp. 71–86, 2023.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021.

Y. Handoko, H. A. Wijaya, and A. Lestari, Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

S. E. Nartin et al., Metode Penelitian Kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.

P. R. Tuerah, A. Afrinal, K. Kaksim, R. Yandi, M. H. Gea, and R. Mesra, “Persepsi Masyarakat Terhadap Politik dan Demokrasi Pemilu Tahun 2024 di Desa Beringin Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan,” Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, vol. 5, no. 1, pp. 238–251, 2024.

R. RIDWAN, “Metode Penelitian,” 2024, Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.

Y. A. Rozali, “Penggunaan analisis konten dan analisis tematik,” in Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 2022, p. 68.

M. Miskanik and Y. Haryanto, “Penggunaan Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Daya Juang Mahasiswa Prodi BK Unindra,” LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, vol. 1, no. 2, pp. 251–256, 2023.

M. Salim, S. Suprantio, R. F. Marta, N. Hariyanti, and M. T. Amali, “Intensitas Mengakses Aplikasi TikTok dan Pengaruhnya terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja,” Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 13–24, 2023.

A. Setiawan, A. H. S. Al Fawaz, and R. M. Ilmi, “Instagram Sebagai Sarana Dakwah Kreatif untuk Merangkul Generasi Muda di Madrasah,” Indonesian Research Journal on Education, vol. 4, no. 3, pp. 403–411, 2024.

F. F. Noorikhsan, H. Ramdhani, B. C. Sirait, and N. Khoerunisa, “Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara-Masyarakat,” Journal of Political Issues, vol. 5, no. 1, pp. 95–109, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ayouvi Poerna Wardhanie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.