Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Layanan Sistem Informasi Akademik Studi Kasus Universitas X Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality

Anwar Sodik, Muhammad Ma'sum

Abstract

Pada era digital saat ini, teknologi informasi banyak diterapkan di dalam suatu organisasi guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi, salah satunya yakni Universitas X yang memiliki Sistem Informasi Akademik. Namun, pada sistem informasi akademik yang dipergunakan saat ini masih belum terdapat penilaian terkait kepuasan layanan oleh mahasiswa sebagai pengguna aktif. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi analisis tingkat kepuasan mahasiswa pada layanan sistem informasi akademik dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Tahapan yang dilakukan peneliti yaitu membagikan kuesioner secara random untuk mahasiswa angkatan tahun 2017 sampai 2020 sebagai pengguna yang masih aktif. Hasil dari jawaban responden diolah menggunakan metode Fuzzy Service Quality (F-SERVQUAL) berdasarkan lima dimensi, yaitu reliability, responsiveness, empathy, assurance, dan tangible. Dari hasil analisis, diperoleh tingkat kepuasan pada layanan sistem informasi akademik Universitas X sebesar 86% dari 166 sampel data.

Keywords

Fuzzy Service Quality; Kuesioner kepuasan; Sistem Informasi Akademik

Full Text:

PDF

References

N. H. Sudibyo, M. S. Hasibuan, I. Darmajaya, J. Za, P. Alam, and A. Bandar, “The influence of service quality on students satisfactions at private Universities in Bandar Lampung,” Int. Conf. Inf. Technol. Bus., no. 9, pp. 291–295, 2015.

H. Sholikah and S. W. Iriananda, “Analisis Kepuasan Pelanggan Travel Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 53–58, 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i2.468.

W. O. Widyarto, N. Djamal, and F. Adhim, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik dengan Metode Fuzzy-Service Quality (F-Servqual) dan Index Potential Gain Customer Value (IPGCV),” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 2, p. 101, 2018, doi: 10.30656/jsmi.v2i2.769.

S. Thaker and V. Nagori, “Analysis of Fuzzification Process in Fuzzy Expert System,” Procedia Comput. Sci., vol. 132, pp. 1308–1316, 2018, doi: 10.1016/j.procs.2018.05.047.

M. Bekerja, T. Kinerja, P. Dengan, M. Metode, and P. Correlation, “Susi Susilawati Harahap,” vol. 06, pp. 12–25, 2019.

N. F. Kartika, “Implementasi Fuzzy - Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa Implementation of Fuzzy – Service Quality for Student Service Level of Satisfaction,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 7, no. 1, pp. 38–49, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.