Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

Lestari Retnawati, Firman Pratama, Tjatursari Widiartin, Nonot Wisnu Karyanto, Anang Kukuh Adisusilo

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mempengaruhi kemajuan dan perkembangan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan berpotensi menciptakan semangat belajar siswa. Berdasarkan hasil identifikasi awal kepada salah satu dewan guru SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, diketahui bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi guru saat ini adalah kesulitan untuk menyediakan media pembelajaran yang efektif. Hal tersebut dapat terwujud di antaranya melalui penggunaan video animasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran. Media video animasi merupakan suatu inovasi agar kegiatan belajar mengajar menjadi efektif. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi, kelayakan media, dan respons siswa terhadap media pembelajaran video animasi serta dapat meningkatkan penjualan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu media pembelajaran video animasi layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran sehingga akan lebih efektif dan bisa menaikkan penjualan.

Keywords

Media Pembelajaran; Penjualan; Video Animasi

Full Text:

PDF

References

Ali, M. (1992). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.

Elliott, S. N., Travers, J. F., Kratochwill, T. R., & Littlefield Cook, J. (2000). Educational psychology: Effective teaching, effective learning (3 ed.). McGraw-Hill.

Flipaclip. (2012). [Android]. Visual Blasters LLC. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vblast.flipaclip

Lickona, T. (2013). Educating for Character (Lita S, Penerj.). Nusa Media.

Ormrod, J. E. (2009). Educational Psycology Developing (Penerbit Erlangga, Penerj.; Vol. 1). Gelora Aksara Pratama.

Oya, R., & Budiningsih, C. (2014). PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 116–126. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.