Analisis Implementasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan

Sigit Wartono, Andre Dwijanto Witjaksono, Anang Kistyanto

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan adalah Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use, yang mempengaruhi variabel dependen Behavioral Intention to Use. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran mediasi dari variabel Attitude Toward Using. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada perangkat desa di Kecamatan Kartoharjo. Data yang diperoleh 91 sampel kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention to Use, baik secara langsung maupun melalui mediasi Attitude Toward Using. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan adopsi dan penggunaan IKD di masyarakat dengan memperhatikan faktor kemudahan dan kegunaan teknologi serta sikap positif masyarakat terhadap teknologi tersebut.

Kata Kunci: Acceptance, Usefulness, Ease, Behavioral, Attitude.

Full Text:

PDF

References

Abdillah, W., Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) : Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta : Andi

Alsamydai, m. j., yassen, s. g., alnaimi, h. m., dajani, d. m., & qirem, i. a. al. (2014). www.tjprc.org the factors influencing customerusage of mobile banking services in jordan. International journal of business management & research, 4(2), 2249–6920.

Chemingui, H., & Ben Lallouna, H. (2013). Resistance, Motivations, Trust and Intention to Use Mobile Financial Services. International Journal of Bank Marketing, 31(7), 574–592

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336

Davis, F. D. (1989) “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,” MIS Q., pp. 319–340.

Madan, K., & Yadav, R. (2016). Behavioural intention to adopt mobile wallet: a developing country perspective. Journal of Indian Business Research, 8(3), 227–244. Https://doi.org/10.1108/JIBR-10-2015-0112

Nadlifatin, R., Miraja, B., Persada, S., Belgiawan, P., Redi, A. A. N., & Lin, S. C. (2020). The measurement of university students’ intention to use blended learning system through technology acceptance model (tam) and theory of planned behavior (TPB) at developed and developing regions: Lessons learned from Taiwan and Indonesia. International Journal of Emerging Technologies in Learning (ijet), 15(9), 219-230.

Naufaldi, I. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use , Perceived Usefulness , dan Trust terhadap Intention To Use. Jurnal Manajerial dan Kewiausahaan II(3), 715–722.

Omotayo, F. O, & Adebayo, A. K. (2015). Factors Influencing Intention to Adopt Internet Banking by Postgraduate Student of the University of Ibadan, Nigeria. Journal of Internet Banking and Commerce, 20(3).

Putra, I. S. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap User Intention to Use Melalui Perceived Usefulness Pada Penggunaan E-Learning Dengan Aplikasi Moodle di Perguruan Tinggi

Setyawati, R. E. (2020). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioral Intention To Use Dengan Atittude Towards Using Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekobis Dewantara, 3(1), 1–9

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Yadav, R., & Pathak, G. S. (2017). Determinants of Consumers’ Green Purchase Behavior in a Developing Nation: Applying and Extending the Theory of Planned Behavior. Ecological Economics, 134, 114–122.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.