Evaluasi Kinerja Operasional Dan Pelayanan Bus Ekonomi PO Sugeng Rahayu (Studi Kasus Rute Maospati - Surabaya)
Abstract
Perusahaan Otobus (PO) ekonomi yang beroperasi di Terminal Maospati adalah PO. Sugeng Rahayu rute perjalanan Maospati – Surabaya jumlah penumpang tidak diperhitungkan sesuai kapasitas kursi bus sejumlah 55 kursi, karena penuh atau tidaknya kursi jam berangkat bus tidak ditunda. Akan tetapi juga terdapat bus yang berhenti terlalu lama (memangkal) selama 25 menit sedangkan standart yang berlaku adalah 20 menit yang berdampak pada kecepatan bertambah panjang. Penelitian kinerja operasional menggunakan standart SK.687/AJ.206/DRJD/2002 bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja bus ekonomi PO.Sugeng Rahayu memenuhi standart yang ada serta perhitungan pelayanan penumpang menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Costomer Satisfaction Index (CSI) bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan penumpang. Berdasarkan hasil pengolahan data kinerja terdapat 3 parameter yang tidak memenuhi standart Peraturan Mentri Perhubungan Darat yakni headway sebesar 28,31 menit, faktor muat sebesar 75,57 % dan kecepatan operasional sebesar 44,20 km/jam. Untuk hasil pengolahan data pelayanan penumpang menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) adalah 98,06% maka tingkat kesesuaian per-item atribut rentang nilai 83-107 yaitu secara keseluruhan kategori atribut “sesuai”. Dan berdasarkan hasil Costomer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 73,13 % termasuk dalam kategori kepuasan pelanggan 60% < 73,13 % ≤ 80% termasuk kategori atribut “Puas”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi, Y. (2018). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Penumpang Kota Mataram (Studi Kasus Rute Sweta – Ampenan. Media Teknik Sipil, Vol.12, No.2, 2018 : hal 130-138.
Asfary, Oggi Rahmat. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (studi kasus pada Puskesmas Pakem Yogyakarta). https://dspace.uii.ac.id
Departemen Perhubungan RI. (2002). Jendral Perhubungan Darat Nomor 274/HK.105/DRJD/96. Pedoman Teknis Penyelengaraan Angkutan Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Direktorat Perhubungan Darat, Jakarta.
Firdaus (2020). Aplikasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Presepsi Pengguna Moda Transportasi Bus AKDP dan AKAP Pada Terminal Type B (Studi Kasus Pada Terminal Caruban – Kabupaten Madiun). https://ejournal.unitomo.ac.id
Google Inc. (2020). 06 Januari. Google Maps Peta Lokasi Jalan Maospati – Surabaya. Online. https://maps.google.com
Hariyadi. (2017). Kajian Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Bus Antar Kota Antar Provinsi Trayek Kota Medan – Kota Subulussalam. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan. https://repository.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/12446
Hendarto, S. dkk. (2001). Dasar-Dasar Transportasi. Institut Teknologi Bandung, Bamdung.
Martilla, J. A. and James, J.C. (1977). Importance-Performance Analysis. The Journal of Marketting, 41 (1), pp. 77-79.
Mutiawati, C. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya (Edisi 1). Sleman, Yogyakarta: Badan Penerbit dan Percetakan C.V Budi Utama
Prakoso, Firman Adi. ( 2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi – Laranga). Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal. http:repository.upstegal.ac.id/2228/
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing
Saputri, G Rining. (2018). Evaluasi Kinerja Trayek Bus Kota Surabaya (Rute Bungurasih - Perak). Tugas Akhir Terapan. Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. https://repository.its.ac.id/54350/
Soedirjo,Titi Liliani. (2002). Rekayasa Lalu Lintas. Bandung: Penerbit ITB
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy & Gregorius, C. (2006). Service Quality & Statisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.