Pelatihan Moodle untuk Guru Kreatif dalam rangka Transformasi Digital di Dunia Pendidikan

Gino Erman Agusta, Ningrum Astriawati

Abstract

Transformasi digital di dunia pendidikan membutuhkan guru yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Moodle, sebagai platform pembelajaran daring yang kaya fitur, menawarkan berbagai alat yang dapat mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan efektif. Pengabdian masyarakat ini  bertujuan untuk memaparkan hasil pelatihan Moodle yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran digital. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendekatan partisipatif dan pelatihan berbasis praktik langsung. Peserta pelatihan berjumlah 8 guru di SMP IT Baitussalam 2. Pelaksanaan pengabdian terdiri dari 3 aktivitas yaitu Persiapan Materi Pelatihan, Pelaksanaan Pelatihan dan evaluasi pengabdian. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa peserta pengabdian yang terdiri dari guru-guru SMP IT Baitussalam 2 Cangkringan mampu mengelola kelas online dengan platform LMS berbasis moodle.

References

Agusta, G. E., Astriawati, N., Santosa, P. S., Wibowo, W., & Widyanto, H. (2023). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pengolahan Evaluasi Hasil Belajar Siswa. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 3(2), 46–51.

Ahmad, I. A. (2024). Tinjauan Hukum Islam terhadap Hukuman Ta’zir dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan. Universitas Islam Indonesia.

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79.

Astriawati, N. (2021). Cadets’ Effectivity and Perception on Moodle Online Learning in Economy Mathematics Course | Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icmmed-20/125956451

Astriawati, N., Agusta, G. E., & Pratama, H. A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA ICT. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 562–567. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I3.4997

Astriawati, N., Santosa, P. S., Agusta, G. E., Purnomo, C., & Subekti, J. (2022). Pelatihan Editing Video Berbasis Aplikasi Kinemaster Untuk Meningkatkan Kompetensi Digital Guru. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 619–623.

Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I. A., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., Jannah, N., Rimayasi, R., & Herlandy, P. B. (2024). Inovasi pembelajaran dan pendidikan: teknologi untuk peningkatan kualitas pendidikan. Bildung Nusantara.

Dewi, A. C., Jannah, M., Cantika, A. Z., Aurora, F., & Amirah, A. (2023). Menelusuri Jejak Guru Ideal di Era Digital. PENDIRI: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 1–8.

Hadinegoro, A., Sasongko, T. B., Ningrum, F. A. S., Rahim, A. M. A., Fikri, M. A., & Huda, A. K. (2023). Peningkatan Manajemen E-Learning dan Keterlibatan Pengguna dalam Implementasi Moodle di SMK Nasional Berbah, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 1(2), 67–76.

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. Tohar Media.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Pertiwi, Y., Astriawati, N., Wibowo, W., & Kristianto, L. (2021). Moodle Virtual Class Effectivity toward Cadets’ Learning Motivation and Speaking Ability. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(2), 378–383.

Pratama, H. A., Pratama, W., Wibowo, W., & Astriawati, N. (2023). Online Learning Evaluation of Moodle-Based Quality Assurance Management on Self-Regulated Learning Capabilities. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 3(04), 1044–1057.

Pratama, W., Pardjono, W. W., Astriawati, N., Iryanti, H. D., & Arroyo, E. T. (2023). Developing Cadets’ Soft Skills through Project-Based Learning in Moodle LMS. Journal of Engineering Education Transformations, 36(4).

Tripitasari, D. (2024). Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mempersiapkan Generasi Muslim Di Era Society 5.0. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 506–518.

Yahya, M., & Sidin, U. S. (2023). Pelatihan Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makassar: Indonesia. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 292–297.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.