Sosialisasi Program Sekolah Siaga Bencana guna Meningkatkan Kemampuan Kesiapsiagaan terhadap Bencana

Rudi Nurdiansyah, Erwin Komara Mindarta, Aisyah Larasati, Vertic Eridani Budi Darmawan, Tamara Rahma Widowati, Salma Ayu Haque, Prestika Dilla Azzahra

Abstract

Kabupaten Tuban memiliki tingkat risiko bencana yang tinggi, terutama bencana hidrometeorologi yang dipengaruhi oleh Sungai Bengawan Solo. Jenis bencana yang sering terjadi di antaranya banjir, kekeringan, cuaca ekstrem, dan tanah longsor. Untuk mengurangi dampak bencana, Pemerintah Kabupaten Tuban telah mendorong berbagai upaya mitigasi, termasuk sosialisasi kesiapsiagaan di lingkungan sekolah melalui Program Sekolah Siaga Bencana. Kegiatan sosialisasi di SMKN Palang Tuban bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa, guru, serta staf sekolah dalam menghadapi bencana. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, diskusi interaktif, serta pemutaran video simulasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas peserta belum memiliki pemahaman yang memadai tentang mitigasi bencana sebelumnya, sehingga sosialisasi ini menjadi langkah penting dalam mengisi kesenjangan pengetahuan dan keterampilan. Program ini menjadikan seluruh elemen sekolah dapat lebih siap menghadapi situasi darurat, memahami langkah-langkah evakuasi, serta memiliki keterampilan tanggap bencana yang baik. Keberlanjutan sosialisasi dan pelatihan serupa sangat diperlukan untuk menjadikan lingkungan sekolah lebih aman dan tangguh terhadap ancaman bencana.

References

Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2020). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana Bagi Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 307.

Apriyanti, W. (2019). Implementasi Program Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Siaga Bencana di SD Negeri Baluwarti, Kotagede, Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(2), 123-133.

Ayuningtyas, D., Windiarti, S., Hadi, M. S., Fasrini, U. U., & Barinda, S. (2021). Disaster preparedness and mitigation in Indonesia: A narrative review. Iranian journal of public health, 50(8), 1536.

Brea-Spahn, M. R., & Fabiano-Smith, L. (2023). Reflect, reframe, and re-imagine theory and practice in speech, language, and hearing sciences: Introduction to the forum. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 54(3), 671-674.

Fauzi, F., & Handayani, S. R. (2021). Pendampingan program sekolah siaga bencana berbasiskan masyarakat pada sekolah budi agung jakarta. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 24-34.

Hijri, Y. S., Hadi, K., Roziqin, A., & Hidayah, A. M. (2023). Pendampingan Penyusunan Rencana Kontinjensi Bencana COVID-19 di Kelurahan Bandulan, Sukun, Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 268-279.

https://tubankab.go.id/entry/nilai-indeks-risiko-bencana-di-tuban-tinggi. Diakses pada 2 Maret 2025.

Isngadi, I., & Khakim, M. (2021). Efektivitas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan Fikih Kebencanaan Terhadap Perilaku Warga Muhammadiyah (Studi Kasus Covid-19). Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 202-216.

Shofwan, M., Suryawati, I., & Tribhuwaneswari, A. B. (2022). Karakteristik Dampak Multirisiko Bencana Kabupaten Tuban. Waktu: Jurnal Teknik UNIPA, 20(02), 129-138.

Tyas, R. A., Pujianto, P., & Suyanta, S. (2020). Evaluasi manajemen Program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10-23.

Yuliana, L., & Sastiarini, K. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 131-147.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.