Penerapan Konsep Dinamis pada Bentuk Bangunan Real Airsoft Gun Games

Rana Irfan Perdana Putra, Siti Azizah Siti Azizah, Esty Poedjioetami Esty Poedjioetami

Sari


Permainan Airsoft gun merupakan suatu kegiatan bermain yang dapat dilakukan tidak hanya secara virtual tetapi dapat dimainkan pula secara nyata. Airsoft gun merupakan suatu senjata replika yang menggunakan peluru plastik ataupun gel. Kemunculan Airsoft gun pertama kali pada era tahun 70-an. Masyarakat diseluruh dunia mulai memainkan permainan Airsoft gun hingga memiliki banyak komunitas yang tersebar tidak terkecuali Indonesia salah satunya berada di Surabaya. Bangunan Real Airsoft Gun Games adalah untuk mewadahi permainan Airsoft gun dan menyesuaikan dengan permainan virtual bagi para gamers (pemain permainan virtual). Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yaitu metode yang pengumpulan datanya menggunakan strategi survei, hal ini dimaksudkan agar data yang ada didasari atas logika dan argumentasi secara ilmiah. Menggunakan tema arsitektur post-modern yang merupakan suatu gaya arsitektur yang dipengaruhi oleh bangunan sebelumnya yang dipadukan dengan gaya arsitektur yang kekinian. Menggunakan makro konsep identitas yaitu konsep yang memberikan informasi bahwa wahana ini adalah wahana Airsoft gun dengan menerapkan gaya bangunan yang berdasarkan arti dari sebuah airsoft gun games. Tatanan lahan menerapkan konsep informatif berupa tatanan lahan yang memudahkan akses keseluruh tapak. Menggunakan konsep dinamis pada bentuk yaitu pada permainan atap dan fasad bangunan. penerapan konsep ekspresif pada ruang dengan melakukan permainan material dan warna yang disesuaikan dengan permainan Airsoft gun.

Kata Kunci


Airsoft gun; Arsitektur Post-Modern; Games; Surabaya

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Armelia, A. T. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalannegara-Negara Asia Berbasis Android Design Introduction Asian Countries Based On Android Applications. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Arminda, D., & Azizah, S. (2020). Tema Post-Modern pada Perencanaan Desain Stasiun Intermoda LRT (Light Rail Transit) Joyoboyo sebagai Local Icon di Surabaya. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2020.v1i1.884

Daniswara, A., & Honggowidjaja, S. . (2014). Aplikasi Konsep Contemporer Pada Pusat Informasi Airsoft Gun. Jurnal Intra, 2(2), 443–447.

Djaguna, K. W. S., Laksono, S. H., & Poedjioetami, E. (2022). Penerapan Konsep Dinamis pada Bentuk Bangunan Creative Hub di Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan.

Dwi Prasetyo, P., & Prayogi, L. (2020). Analisis Konsep Dinamis pada Elemen Arsitektur Bangunan Fungsi Campuran. Journal of Architectural Design and Development, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.37253/jad.v1i1.704

Gading, F. R., Artina, D., & Erdiansyah, E. (n.d.). Analisis Yuridis Pertanggungjawaban Pidana Kepemilikan Dan Penyalahgunaan Senjata Replika Airsoft Gun. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Hukum, 8(2), 1–14.

Hariyanto, A. (Agung), Suryokusumo, B. (Beta), & Soekirno, A. (Ali). (2015). Penerapan Struktur Space Frame Pada Hanggar Pemeliharaan Pesawat Di Bandara Samarinda Baru. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, 3(1), 111042. https://www.neliti.com/id/publications/111042/

Jencks, C. (1991). The language of post-modern architecture / Charles Jencks. In Post-modern architecture.

Rahmawati, F. W., Azizah, S., & Poedjioetami, E. (2020). Penerapan Tema Arsitektur Analogi Pada Perancangan Wahana Apresiasi Seni Kontemporer Di Surabaya. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 1(2), 79–88. https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2020.v1i2.1087

Rhee, H. K., Song, D. H., & Kim, J. H. (2019b). Comparative analysis of first person shooter games on game modes and weapons-military-themed, overwatch, and player unknowns’ battleground. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 13(1), 116–122.

Rudolph, P. (1957). Regionalism in architecture. Perspecta, 12–19.

Setiawan, J., & Sudrajat, A. (2018). Pemikiran Postmodernisme Dan Pandangannya Terhadap Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat, 28(1), 25. https://doi.org/10.22146/jf.33296

Tike, A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Negara-Negara Asia Berbasis Android. 1(2), 3–11.

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A ‘missing’ family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 85201. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

William, K., Djaguna, S., Laksono, S. H., & Poedjioetami, E. (2022). Penerapan Konsep Dinamis pada Bentuk Bangunan Creative Hub di Kota Surabaya. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan X, 1–6.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2024.v5i2.5244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.