DESAIN WORKSTATION MODULAR UNTUK AREA PRODUKSI PADA PERCETAKAN OFFSET

Nuky Kurnia Hakim, Choirul Anam

Abstract


Percetakan merupakan proses industri yang memproduksi masal tulisan dan gambar yang menggunakan mesin cetakoffset. Meja dalam percetakan merupakan furnitur yang dibutuhkan dalam memudahkan pekerjaan. Bagian pekerjaan yang wajib terdapat meja, yaitu aktivitas sortir, covering, dan packing. Dalam percetakan offset terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat proses pada area produksi, maka dibutuhkan perancangan workstation modular yang dapat melancarkan proses pada area produksi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif (metode penelitian berdasarkan data primer) dan kuantitatif (metode penelitian berdasarkan data sekunder yang menggunakan perhitungan-perhitungan) melalui analisis desain. Proses perancangan memiliki beberapa tahap analisa yang meliputi analisis aktivitas, analisis kebutuhan alat, analisis jenis workstation, analisis material, analisis finishing, analisis ergonomi dan antropometri, analisis bentuk, analisis warna, analisis sistem, analisis penempatan. Penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan kemudahan dalam bekerja dikarenakan menggabungkan tempat penyimpanan masing-masing bagian pekerjaan yang mudah dijangkau dan manjadi satu produk, yaitu produk workstation modular untuk area produksi pada percetakan offset, dengan desain yang mengaplikasikan sistem modular pada workstation, maka dapat menjadi pembeda untuk masing-masing aktivitas yang dilakukan pada workstation.

Keywords


Modular, percetakan, workstation

Full Text:

PDF

References


R. Y. W. Dinnata, “Industri Percetakan Masih Tumbuh Positif” [Online]. Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20171103/257/705943/industri-percetakan-masih-tumbuh-p. [Accessed: 29-Mar-2019].

R. Anandia. "Analisa Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original," Skripsi, Program S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Semarang: Universitas Diponegoro, 2015.

M. Rasyid, Surachman, Sugiono, "Analisis Perbaikan Work Station pada Proses Produksi Garment dengan Menggunakan Pendekatan Anthropometri," Jemis, vol. 4, no. 1, p. 85, 2016.

L. Agustin, Y. Kusumarini, F. P. Suprobo, "Perancangan Modular Indoor Booth untuk Produk, Pakaian, Sepatu dan Makanan," Jurnal Intra, vol. 2, no. 2, p. 749, 2014.

HH. Chandra, "Perancangan Ulang Tata Letak dan Fasilitas Produksi UD Gunung Sari Surakarta," Skripsi, Program S1, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 2015.

T. Kristianto, E. C. Muliawati., R. Arief, S. Hidayat, "Strategi Peningkatan Omset UKM Percetakan dengan Pendekatan Analisis SWOT," Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, p. 258, 2017.

N. Putra dan Hemdarman, “Metode Riset Campur Sari: Konsep, Strategi, dan Aplikasi,"Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif” Jakarta: Indeks, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.