PERENCANAAN DAN PERANCANGAN TERMINAL BANDAR UDARA REGIONAL DI BANGGAI LAUT SULAWESI TENGAH ARSITEKTUR BANGGAI

Muh Adam Abdu Ma'mur, Wiwik Widyo Widjajanti, Broto Wahyono Sulistyo

Abstract


Perencanaan dan perancangan Terminal Bandar Udara Regional di Banggai ini di dasari oleh kebutuhan daerah tersebut akan akses transportasi udara, yang di karenakan sebagian dari wilayah Banggai sendiri adalah daerah kepulauan dan hanya memiliki akses transportasi laut sebagai akses antara daerah. Beberapa permasalahan yang di hadapi seperti sirkulasi pada areal bandara udara, keterbatasan lahan parkir bagi pengguna, keterbatasan apron dan runaway, kelistrikan bandara, pengembangan dari bandara, serta penataan masa pada bandara akan diselesaikan dengan beberapa metode perencanaan dan perancangan. Untuk menunjukkan kekhasan budayanya, Terminal Bandar Udara ini di buat dengan tema Arsitektur Banggai dengan konsep dasar Original Banggai yang di mana penerapan unsur budaya kedalam transformasi bentuk, ruang, serta tatananlahan. Dan untuk bentuk bangunan menggunakan konsep dari Bentukan Rumah Adat Banggai (Keraton Banggai) dengan beberapa ornament khas dari daerah tersebut dengan sentuhan beberapa unsur modern, dan untuk ruang, menggunakan konsep Terpusat dimana terminal sebagai pusat objek kegiatan utama pengunjung dan penataan masa bangunan yang menggunakan konsep Berkesinambungan dimana antara masa bangunan akan saling berhubungan. Terminal Bandar Udara diharap dapat meminimalkan permasalahan – permasalahan dari Terminal Bandar Udara yang telah ada, juga dapat menarik minat wisatawan domestic maupun mancanegara untuk berkunjung, serta  meningkatkan perekonomian masyarakat daerah Banggai Laut.

Keywords


Terminal Bandar Udara Regional, Arsitektur Banggai, Banggai Laut Sulawesi Tengah

Full Text:

PDF

References


Neufert, Ernest. 2002. Data Arsitektur, Edisi 33, Jilid 2.Erlangga. Surabaya.

Kahanna. S. K. 1969. Airport planning and design, Edisi 3, Jilid 2, Surabaya.

Horonjeff, Robert danMckelvey X. Francis. 1993. Perencanaandanperancangan Bandar Udara, Edisi 3, Jilid 1.Erlangga. Surabaya.

Bandar Udara, http://keziarismapurba.blogspot.co.id/2014/10/penjelasan-seputar-bandara-di-indonesia.html, Surabaya. (2018, Maret)

Klasifikasi Bandar Udara, http://hubud.dephub.go.id/?id/page/detail/1956, Surabaya. (2018, Maret)

Fasilitas Pendukung Bandar Udara, https://pkppksupadio.wordpress.com/2012/03/23/pengetahuan-bisnis-bandar-udara/, Surabaya. (2018, Maret)

Arsiterktur Simbolis, https://www.academia.edu/17862883/Arsitektur_Simbolis, Surabaya. (2018, Maret)

Kabupaten Banggai Laut, http://ditjenpdt.kemendesa.go.id/potensi/district/65-kabupaten-banggai-laut, Surabaya.( 2018, Maret)

Kebudayaan Suku banggai,https://www.kompasiana.com/andrihpanili/kebud ayaan-suku-banggai, Surabaya. (2018, Maret)

Terminal Bandar Udara, https://www.academia.edu/20733605/bandar_udara. (2018, April)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.