PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT DI KAMPUNG TELUK HARAPAN PULAU MARATUA KALIMANTAN TIMUR TEMA : ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN

Nur Rahmi, Wiwik Widyo Widjajanti, Esty Poedjioetami

Abstract


Indonesia yang merupakan negara kepulauan, selain memiliki sumber daya alam yang sangat besar juga memiliki potensi wisata yang beragam, yaitu antara lain wisata budaya, Pulau Maratua merupakan salah satu pulau kecil berpenghuni. pulau ini  mempunyai  keanekaragaman  hayati  laut  yang  tinggi  dengan  keadaan  seperti  itu  Maratua  cocok  didesain  menjadi kampung wisata maka setiap detail kegiatan manusia seharusnya selalu didasarkan pada pemahaman terhadap lingkugan termasuk didalamnya mengenai rancangan arsitektur. Keselarasan dengan lingkungan merupakan upaya pengelolaan dan menjaga kualitas tanah, air dan udara dari berbagai kegiatan manusia, agar siklus-siklus tertutup yang ada pada setiap ekosistem lingkungan, tetap berjalan untuk menghasilkan sumber daya alam yang baru. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ini, Mengakaji landasan program arsitektural terkait perencanaan dan perancangan resort menciptakan wadah bagi wisatawan atau pengunjung untuk berlibur dan menikmati indah nya pantai dari Teluk Harapan Pulau Maratua Tujuan yang ingin dicapai adalah Menciptakan bangunan yang dapat meningkatnya Desain dengan bertujuan menarik pengunjung dan akhirnya akan dapat menjadi tempat yang layak hunian yang menarik dan fasilitas yang mampu untuk mewadahi kegiatan sehingga penggunjung dapat menikmati potensi alam Pulau Maratua. Responsive Konsep ini merupakan sebuah bentuk respon dari rancangan terhadap kondisi dimana rancangan tersebut   berada. Nature lodges Eco Building Konsep dipilih karena, penerapan eco building bangunan ramah lingkungan akan mendorong konsep utama yang digunakan yakni Responsive, Konsep Recreation. Pola penyusunan tata lahan Experience ini dipilih karena nantinya akan menjadikan lahan tersebut terlihat seperti tempat rekreasi yang memang disediakan oleh alam. Ruangan di desain Fleksibel dengan banyak bukaan sehingga dapat memberikan kesan menyatu dengan alam. Hasil rancangan di peroleh dari proses transformasi konsep yang diberikan pada setiap aspek desain di atas.

Keywords


Resort, Pulau Maratua, Kalimantan Timur, Wisata Pulau, Arsitektur Berwawasan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Amril, Sjamsu Ir., 2000. Data Arsitek Ernst Neufert, Jilid. Jakarta: Erlangga.

Frick, Heinz ; Suskiyanto, FX. Bambang (Penerjemah). 2007. Dasar-dasar Arsitektur Ekologis, Yogyakarta: kanisius.

Frick, Heinz, 1988, Arsitektur dan Lingkungan, Kanisius, Jakarta.

Habsari, Helena (2009), Sirkulasi Ruang Pada Bangunan. Jakarta : Erlangga Neufret, Ernest. 2002. Data Arsitektur Jilid 2. Jakarta: PT. Elex meedia Komputindo.

Peraturan Daerah RTRW Berau Tahun 2014 – 2034.

https://prezi.com/1nhxmm91aj7p/arsitektur-berwawasan-lingkungan/.

http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-resort/.

http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/direktori-pulau/index.php/public_c/pulau_info/298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.