ANALISIS LAHAN PARKIR KENDARAAN RODA DUA DI TERMINAL TAMBAK OSOWILANGON GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN TERMINAL

Anna Wasirotul Hayati, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Terminal Tambak Osowilangun merupakan terminal tipe A kedua setelah Terminal Purabaya yang terletak di kota Surabaya dan berbatasan dengan Kabupaten Gresik. Terminal ini merupakan perpindahan dari Terminal Angkutan Umum Jayenggrono di Jembatan Merah yang sudah tidak lagi memadai saat itu. Untuk menentukan lahan parkir yang akan direncakan perlu dilakukan analisa lahan parkir dengan menggunakan metode populasi dan menentukan akumulasi parkir, durasi parkir, indeks parkir. Metode ini mengumpulkan data informasi dengan cara mencatat seluruh objek pengamatan pada Terminal Tambak Osowilangon. Dari hasil pengamatan dan analisa menggunakan metode populasi didapatkan rencana lahan parkir baru dengan ukuran panjang 104m, lebar 5m dengan daya tampung sekitar 270 kendaraan. Dari rencana lahan parkir yang baru di peroleh indeks parkir rata – rata 0,377.

Keywords


Akumulasi parkir, Durasi parkir, Indeks parkir

Full Text:

PDF

References


Abadi, Armedhani Cahya, 2016, Evaluasi Kinerja Parkir Sepeda Motor di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, ITATS, Surabaya.

Anonim, 1996, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir,Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Anonim, 1995, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1993 Tentang Termina Transportasi Jalan.

Lisan, M Fashikul, 2014, Studi Kelayakan Finansial Pembangunan Gedung Parkir Ponpes Amanatul Ummah Desa Kembang Belor Kecamatan Pacet Mojokerto,Skripsi Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

MZ, Lindawati, 2012, Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir di Kampus Universitas Baturaja,tidak diterbitkan.

Tawaris, Vivi Arianty, 2013, Penataan Terminal Angkutan Darat Towo’e Tahuna di Kabupaten Kepulauan Sangihe,Jurnal Tenik Sipil Universitas Sam Ratulangi, tidak diterbitkan.

Tatura, Lydia Surijani, 2011, Analisis Penataan Ruang Parkir Pasar Central Kota Gorontalo,Jurnal Fakultas Teknik Universitas Gorontalo, tidak dterbitkan.

Zakaria, Mohammad, 2010, Studi Karakteristik Parkir dan Kebutuhan Luas Terminal Tegal sebagai Terminal Bus Tipe A,Skripsi Sarjana Tenik Sipil Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Moniz Dos Reis, Neil, 2009, Studi Pengaturan Tempat Parkir Mobil pada Pasar Genteng Baru di Jalan Genteng Besar – Surabaya,Skripsi Sarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.