ANALISIS FORECASTING METHOD PERTUMBUHAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN ACHMAD YANI SURABAYA BAGIAN BARAT DENGAN FRONTAGE ROAD

Tri Agung Aprianto, Kurnia Hadi Putra

Abstract


Permasalahan transportasi merupakan masalah yang paling kritis dan utama yang sulit dipecahkan di setiap kota, termasuk kota Surabaya. Hal tersebut disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk, bertambahnya kepemilikan kendaraan pribadi dan berbagai aspek permasalahan seperti manajemen lalu lintas membuat lalu lintas di kota Surabaya semakin padat. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis forecasting method pertumbuhan lalu lintas pada ruas jalan Achmad Yani Surabaya bagian barat dengan frontage road. Sehingga dapat mengetahui pertumbuhan lalu lintas pada ruas jalan tersebut dengan forecasting method yang lebih akurat dan mendekati benar. Beberapa forecasting method yang di gunakan yaitu exponential smoothing, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi kuadratik. Berdasarkan analisa yang telah di lakukan, dapat di simpulkan metode analisis regresi linear sederhana menjadi pertimbangan perhitungan dalam pengambilan keputusan yang mendekati benar.

Keywords


forecasting method, frontage road, pertumbuhan lalu lintas, transportasi

Full Text:

PDF

References


A_JoeL. (2012, Maret 22) Fungsi dan Peranan Jalan. http://vitate-a- joel.blogspot.co.id/2012/03/fungsi-dan-peranan-jalan.html?m=1. Di Akses Pada 28 Maret 2017.

Anonim, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Jakarta: Departemen Pekejerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Dimyati, A. (1987). Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Indratmo, Dunat (2006). Kajian Kapasitas Jalan dan Derajat Kejenuhan Lalu-Lintasdi Jalan Ahmad Yani Surabaya, Surabaya: Jurnal Fakultas Teknik Sipil Universitas Sepuluh November Surabaya.

Sumamto,.Drs,.M.A (1995) Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sukirman, Silvia. (1999, November), Dasar – Dasar Perencanaan Geomatrik Jalan. Bandung:Penerbit Nova.

Gasperz, Vincent. (2001). PPIC: Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Telsang, Martand. (1998). Industrial Engineering and Production Management. New Delhi: S.Chand Company LTD.

Sheikh, Khalid. (2002). Manufacturing Resource Planning (MRP II) with Indtroduction to ERP, SCM, and CRM. Singapore: Mc. Graw Hill.

Domandar R. Gujarati. (2006). Dasar – dasar Ekonometrika.Jilid 1.Alihbahasa Julius Mulyadi.Erlangga.

Makridakis et al.(1988). Metoda dan Aplikasi Peramalan. Jakarta :Erlangga.

Trimukti, Elsa. ( Juni 2010). Analisis Model Kebutuhan Pergerakan Penumpang Dan Barang Bandara Rahadi Oesman Ketapang. Jurnal teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.