MODIFIKASI CAMPURAN PERKERASAN LASTON AC – WC DENGAN PENAMBAHAN KADAR 8% GILSONITE RESIN

Shazna Dinda Yuskiyani Putri, Kurnia Hadi Putra

Abstract


Jalan raya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pembangunan kawasan pariwisata, dan untuk menunjang pembangunan nasional. Oleh karena itu, diperlukan perkerasan jalan yang berkualitas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Dalam perencanaan suatu perkeraan pastinya menginginkan suatu perkerasan yang mampu menopang beban yang besar dan tahan lama. Dalam penelitian kali ini akan menambahkan Gilsonite Resin, penambahan Gilsonite Resin bertujuan untuk memperbaiki sifat – sifat fisik aspal dan dapat meningkatkan kualitas dari aspal tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui kualitas dari modifikasi campuran Laston AC – WC dengan penambahan Gilsonite Resin. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisa hasil uji dari Marshall Test. Pada penelitian ini pembuatan benda uji mengacu pada Spesifikasi Departement Pekerjaan Umum Tahun 2018. Hasil pengujian kualitas dari campuran dengan menggunakan Gilsonite Resin didapatkan bahwa pada kadar 8% memiliki tingkat stabilitas yang paling tinggi yaitu 1274,6 Kg, sedangkang flow dengan nilai 2,70 mm, nilai Marshall Qutient dengan nilai 472,092 kg/mm, nilai. Stabilitas dan flow untuk semua kadar gilsonite memenuhi Spesifikasi yang ditentukan, namun untuk hasil dari VIM dan VMA menurun seiring dengan meningkatnya kadar Gilsonite Resin yang ditambahkan. Untuk nilai VIM yaitu 15,12 dan nilai VFB sebesar 77,20 secara menyeluruh pada semua kadar Gilsonite Resin yang ditambahkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Spesifikasi Departement Pekerjaan Umum Tahun 2018.

Keywords


Laston AC – WC, Aspal Pertamina 60/70, Gilsonite Resin, Marshall Test, Spesifikasi Departement Pekerjaan Umum Tahun 2018

Full Text:

PDF

References


Direktorat jendral Bina Marga Departement Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Spesifikasi Umum 2018 Divisi 6 Tabel 6.3.3. (1c). 2010. Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga Tahun 2017 Tentang Penyampaian Manual Desai Perkerasan Jalan Revisi 2017 Di Lingkungan Direktorat Jendral Bina Marga. 2017. Jakarta.

Maschsus, Rachmad, Basuki.2007.Penambahan Gilsonite Resin Pada Aspal Prima 55 untuk Meningkatkan Kualitas Perkerasan Hot Mix.Dimensi 3 (1) : 16 – 27.

Putuhuna, Yosef, Dkk.2016. Pengaruh Penambahan Gilsonite Resin Pada Campuran Beton Aspal. Vol. 05.No. 19, Jul-Sep 2016.

Romangsa, Henry. 1987. Gilsonite-An Asphalt Modifer for Hight Stability Pavement, proc.of. Konferensi Tahunan Teknik Jalan III. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.