PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA BENTUK PUSAT KOMUNITAS PERMAINAN DARING DI SURABAYA

Ade Setya Wijayanti, Ika Ratniarsih, Amir Mukmin Rachim

Abstract


Dalam Arsitektur pembangunan mengikuti tatanan ruang dalam bangunan, struktur, sains, dan utilitas bangunan. Penulisan laporan Bangunan Pusat Komunitas Pecinta Permainan Daring Di Surabaya ini bertujuan untuk sebagai wadah para Komunitas Pecinta Permainan Daring di Surabaya untuk berkumpul dan mengembangkan kekreatifitasan juga sebagai sarana festival dan pertandingan untuk para peminat pemain daring dan sebagai sarana edukasi / pembelajaran berbagai jenis kekreatifitasan permainan daring. Penelitian ini dilakukan berdasarkan survei lapangan dan literatur dengan menggunakan metode deskriptif. Pusat Komunitas Pecinta Permainan Daring Di Surabaya akan direncanakan berada pada Jl.  Dr. Ir. H. Soekarno Surabaya dengan luas 27.530,65 m² atau 2,7 Ha. Penerapan tema Arsitektur Futuristik yang terkait pada desain yang mempunyai arti yang bersifat mengarah atau menuju masa depan yang mengikuti perkembangan jaman yang ditunjukkan melalui ekspresi bangunan. Penerapan tema pada bentuk mengambil bentuk konsol game dari samping dan pada 2 tower terdapat bentuk seperti joystick game dengan fasad kaca dan lampu warna-warni. Penerapan Makro konsep atraktif yang betujuan sebuah bangunan harus mempunyai daya tarik yang menarik pengunjung, bersifat menyenangkan, dan kelincahan. Penerapan konsep mikro bentuk representative yang menjelaskan tentang keadaan bangunan tersebut bagaimana mencerminkan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang berorientasi pada masa depan dengan penggunaan hiasan lampu yang bercahaya dan berubah-ubah warna sehingga menampakan kemajuan teknologi, Manfaat dari perancangan objek ini yaitu sebagai wadah para Komunitas Pecinta Permainan Daring di Surabaya untuk berkumpul dan mengembangkan kekreatifitasan juga sebagai sarana festival dan pertandingan untuk para peminat pemain daring.


Keywords


Arsitektur; Daring; Futuristik; Game; Komunitas; Representatif

Full Text:

PDF

References


Castronova, Edward. (2006). Synthetic Worlds: The Business and Culture of Online Game. University Of Chicago Press.

Safitri, Diwani (2017) "Prinsip Desain Arsitektur Neo Futuristik Pada Bangunan Komersial Karya Eero Saarinen" Universitas Medan

N.K., Adaman. (2005). The Developmental History of Online Gaming Design. McGraw-Hill.

Rollings, Andrew; Ernest Adams. (2006). Fundamentals of Game Design. Prentice Hall

Futuristikarchitecture. “Bangunan Futuristik”. www.futuristarchitecture.com. Diakses tanggal 10 Oktober 2019

SumberPengertian.ID. “Pengertian Komunikasi Daring (Dalam Jaringan)”. https://www.sumberpengertian.id/pengertian-komunikasi-daring. Diakses tanggal 10 Oktober 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.