Pengembangan Aplikasi Massive Open Online Course Dengan Metode MADLC
Abstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong kebutuhan platform pembelajaran daring yang efektif, terutama dalam pemrograman. Banyak aplikasi kursus tersedia, namun masih kurang dalam integrasi fitur, aksesibilitas lintas platform, dan interaktivitas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi web kursus pemrograman menggunakan metode Mobile Application Development Life Cycle (MADLC). Aplikasi ini menyediakan fitur seperti daftar course, latihan pemrograman interaktif, video pembelajaran, tanya jawab dengan tutor, penilaian otomatis, dan sertifikasi digital. Urgensi penelitian ini didasari oleh kebutuhan platform pembelajaran yang terintegrasi dan mudah diakses untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan kolaboratif. Inovasinya terletak pada pengembangan multiplatform dan integrasi fitur interaktif serta evaluasi otomatis. Dibandingkan penelitian serupa, seperti Code Learner yang fokus pada compiler sederhana atau aplikasi MOOC yang tidak spesifik pada pemrograman, penelitian ini menawarkan fitur lebih komprehensif dan interaktif. Pendekatan human-centered juga diadopsi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pembelajaran pemrograman daring yang efektif, efisien, dan mudah diakses.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. A. Mahendra, R. S. Sianturi och A. P. Kharisma, ”Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Kursus Online Teknologi Informasi berbasis Mobile menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, p. 2270, 2023.
H. Fatullah, J. och R. D. Risanty, ”CODE LEARNER : APLIKASI BELAJAR PRAKTEK PEMROGRAMAN ONLINE SECARA MANDIRI BERBASIS MOBILE,” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 13, pp. 157 - 166, 2023.
N. Hidayatun, S. och H. Murtina, ”PERANCANGAN APLIKASI MOOC UNTUK KURSUS ONLINE BERBASIS ANDROID DAN IOS MENGGUNAKAN PROTOTYPING MODEL,” JURNAL DIGIT, vol. 12, nr 2, pp. 144 - 155, 2022.
N. R. H. Meduri, R. Firdaus och H. Fitriawan, ”EFEKTIFITAS APLIKASI WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 11, nr 2, pp. 283 - 294, 2022.
M. R. P. Sari och S. Rahmayuda, ”IMPLEMENTASI FRAMEWORK FLUTTER PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MASJID,” Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 10, nr 1, pp. 46 - 59, 2022.
M. B. Pambudi och S. C. Wibawa, ”PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” Jurnal IT-EDU, vol. 5, nr 1, pp. 294 - 302, 2020.
S. Y. W. Suhendro och N. Santoso, ”Pengembangan Aplikasi Edukasi Bahasa Inggris berbasis Learning Path menggunakan Framework Flutter,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, nr 6, pp. 2941 - 2948, 2023.
A. M. Indah, R. Abdul och W. W. S. Nariza, ”Rancang Bangun Aplikasi Pendaftaran Kursus pada Pare ILC Samarinda Berbasis Web,” aikomternate, vol. 1, nr 1, 2020.
D. S. Asa, S. Atik, S. Jamilatun och H. Dwi, ”Perancangan aplikasi belajar bahasa inggris berbasis website Website-based English learning application design,” TEKNOSAINS, vol. 1, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.