Analisis Penerapan Material Requirement Planning dengan Mempertimbangkan Lot Sizing Model dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tissue Dinner

I Gede Arya Krisna Putra, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan industri bidang manufaktur yang memproduksi tissue, dimana jenis tissue yang diproduksi yaitu tissue dinner dan tissue cocktail. Perusahaan memiliki tingkat permintaan produk yang fluktuatif dan belum memiliki sistem atau metode yang optimal dalam penanganan mengenai perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku. Hal ini menyebabkan bahan baku over stock pada gudang yang jika dibiarkan dapat merugikan perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan peramalan menggunakan metode exponential smoothing dan moving average, setelah dilakukan pemilihan metode peramalan, dilakukan perhitungan safety stock sesuai kebijakan perusahaan. Data dari pemilihan metode peramalan dan perhitungan safety stock digunakan untuk melakukan perhitungan Material Requirement Planning (MRP). Metode lot size yang digunakan dalam penelitian ini adalahh metode Algoritma Wagner whitin dan Silver Meal. Hasil dari perhitungan metode Algoritma Wagner Whitin menghasilkan inventory cost sebesar Rp. 29.493.380 dan metode Silver Meal menghasilkan inventory cost sebesar Rp. 31.817.180 sedangkan untuk kebijakan perusahaan menghasilkan inventory cost sebesar Rp. 73.900.830, dari hasil tersebut maka diperoleh penghematan metode Algoritma Wagner Whitin 61% sedangkan untuk metode Silver Meal 57% dari perhitungan kebijakan perusahaan. Dari hasil dan analisa tersebut didapat lot sizing terbaik yaitu metode Algoritma Wagner Whitin sebagai pertimbangan perusahaan dalam perencanaan pengendalian persediaan bahan baku tissue dinner.

Keywords

algoritma wagner whitin; inventory cost; material requirement planning; perencanaan; persediaan; silver meal

Full Text:

PDF

References

H. K. W. Mbota, C. F. M. Tantrika, and A. Eunike, “Perencanaan Persediaan Bahan Baku dan Bahan Bakar dengan Dynamic Lot Sizing ( Studi Kasus : PT Holcim Indonesia Tbk , Tuban Plant ),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. 3, no. 1, pp. 178–188, 2014.

A. D. Hermawan, H. Munawir, and S. Nandiroh, “Naskah Publikasi Ilmiah Perencanaan Persediaan Bahan Baku Pellet dengan Menggunakan Metode Heuristic Silver-Meal pada Pabrik Direct Reduction ( Studi Kasus Di PT . Krakatau Steel ),” Naskah Publ. Ilm., 2012.

S. R. Fajar, “Penerapan Material Requirements Planning ( MRP ) dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produk Botol DK 8211 B di PT . Rexam Packaging Indonesia,” J. Ilm. Tek. Mesin, pp. 71–79, 2014.

D. K. Sofyan, Perencanaan & Pengendalian Produksi, Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Y. N. R. Chandra, M. Basuki, and S. Fariya, “Sistem Manajemen Material Pada Pembangunan Kapal Baru di PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia,” Naskah Publ. Ilm., pp. 77–84, 2017.

A. Christi and E. Yuliawati, “Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Material Produk Mytea Untuk Meminimalkan Biaya Persediaan,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VI 2018, pp. 485–492, 2018.

S. N. Bahagia, Sistem Inventory. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2010.

A. Aziz, “Peramalan pengguna pitalebar di Indonesia,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, pp. 23–38, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.