Analisis Pengujian Performa Kursi Roda Transfer Multi Fungsi Otomatis

Bambang Setyono, Ayu Setyaning Sayekti Poesoko, Ahmad Anas Arifin, Kurniawan Bagus Wicaksono

Abstract

Kursi roda adalah alat bantu jalan yang ditujukan untuk penyandang cacat fisik atau memiliki masalah kesehatan dalam berjalan menggunakan kaki. Saat ini, perkembangan teknologi di berbagai bidang semakin maju aktivitas manusia seperti kursi roda dapat membantu. Kursi roda saat ini banyak variasi model, dan kursi roda saat ini dikembangkan menjadi kursi roda transfer multifungsi otomatis. Dengan tambahan fitur actuator linier yang bisa naik turun pada tempat duduk kursi roda dan roda hoverboard yang bergerak otomatis. Berharap kursi roda yang sudah ditambahkan fitur akan lebih nyaman dan efisien saat digunakan. Oleh sebab itu kualitas kursi roda transfer multifungsi otomatis harus dianalisis mulai dari kecepatan yang diperoleh dengan variasi beban dan pengujian actuator linier tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana caranya mengetahui kecepetan kursi roda dengan variasi beban dalam jarak beberapa meter. Dan pada penelitian ini membahas bagaimana analisa perancangan kursi roda transfer multifungsi otomatis dan uji performa kecepatan kursi roda. Hasil pengujian kecepatan pada kursi roda dengan menggunakan berat badan yang kecil memperoleh laju yang lebih cepat dibandingkan dengan berat badan yang besar. Jadi kinerja kursi roda transfer multifungsi otomatis sangat berpengaruh terhadap berat badan passien atau pengguna. Untuk hasil pengujian berat badan passien terhadap actuator linier pada kursi roda, dengan menggunakan berat badan kecil menempuh waktu yang lebih cepat saat naik maupun turun dibandingkan dengan berat badan besar. Jadi kinerja actuator liner pada kursi roda transfer multifungsi otomatis sangat berpengaruh terhadap berat badan passien atau pengguna.

Keywords

Pengujian kecepatan; Pengujian actuator linier

Full Text:

PDF

References

Adiyasa, I. W. (2022). Improvisasi Torsi Dan Efisiensi Pada Redesain Motor Brushless Dc Hoverboard Berdaya Dasar 350w. Jurnal Pendidika Vokasi Otomotif, 5(1), 27-42.

Ac, M. N. (2022). Rancang Bangun Controller Bldc Berbasis Mikrokontroler Stm32 Blue Pill Pada Kendaraan Listrik Urban Agnijaya Weimana. Jurnal Spektrum Vol, 9(3).

Annirohman, S. (. (2023). Rancangan Kursi Roda Elektrik Dengan Remot Dan Tuas. Jurnal Teknik, 12(1).

Chigondo, M., Chigondo, F., 2016. Recent Natural Corrosion Inhibitors for Mild Steel: An Overview. J. Chem 1–7. https://doi.org/10.1155/2016/6208937

Elmer, T. J. (2021). Kontrol Himpunan Panel Surya dengan Penyesuaian Diri Otomatis Menggunakan Aktuator dengan Dua Derajat Kebebasan. Jurnal Teknik ITS, 10(2), B177- B182.

Ferdiansyah, D., & Susanto, A. (2020). Rancang Bangun Prototype Kursi Roda Menggunakan Arduino R3 Berbasis Android. GATOTKACA Journal (Teknik Sipil, Informatika, Mesin Dan Arsitektur), 1(2).

Ikhsan, M. W. (2022). Pengaruh Pembebanan Dan Pengaturan Kecepatan Motor Bldc 1 Kw Pada Sepeda Motor Listrik. Jurnal Edukasi Elektro, 6(2), 149- 156., 151-152.

Mawardi, M., & Lianda, J. (2018, November). Rancang Bangun Kursi Roda Elektrik Menggunakan Joystick. In Seminar Nasional Industri dan Teknologi (pp. 67-74).

Nursab, T.H., 2020. Rancang Bangun Kursi Roda Dengan Head Motion Control Menggunakan Sensor Gyroscope Untuk Penyandang Disabilitas.

Ramadeanto, L. H. (2018). Performansi Edfa Di Setiap Bit Rate Yang Dikirimkan Dari Transmitter Ke Receiver Pada Jarak 50 Km Pada Sistem. eProceedings of Engineering, 5(3). [11]. Risdiyono, E. (. (2020). Perancangan dan Pengembangan Desain Kursi Roda Elektrik dengan Fitur Berdiri untuk Penyandang Disabilitas.

Simanjuntak, I. U. V., Rochendi, A. D., Silalahi, L. M., & Salamah, K. S. (2021). Penggunaan Strain Gauge Sebagai Kendali Kursi Roda. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, 26(2), 154-169.

Sutikno, S., Anam, K., & Shaleh, A. (2021). Sistem Navigasi Kursi Roda Elektrik untuk Pasien Penyandang Cacat Fisik Menggunakan Metode Convolutional Neural Network. Jurnal Rekayasa Elektrika, 17(1), 29-35.

Tanjung, B. G. (2022). Autonomous Mobile Robot dengan Hoverboard dan Sensor RPLIDAR menggunakan Algoritme Hector SLAM dan Navfn. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.