Penentuan Tata Letak Obat pada Apotek Prima Anugerah Menggunakan Metode FP-Growth
Anggi Yhurinda Perdana Putri, Fahri Hafidz, Ruli Utami, Budanis Dwi Meilani
Abstract
Apotek Prima Anugerah merupakan salah satu jenis usaha perdagangan dalam bidang kesehatan yang menjual beragam jenis obat dan alat kesehatan. Apotek Prima Anugerah hanya menempatkan tata letak obat tidak berdasarkan pola pembelian konsumen. Hal ini membuat pegawai apotek kesulitan dalam mencari obat yang akan dibeli oleh konsumen. Peningkatan pelayanan pada apotek Prima Anugerah dapat dilakukan dengan melakukan penempatan tata letak obat yang sesuai dengan pembelian konsumen. Pada penelitian ini peneliti menganalisa algoritma FP-Growth dalam menemukan aturan asosiasi dari pola belanja konsumen yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan tata letak obat berdasarkan pola pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi tata letak obat dan menentukan tata letak obat berdasarkan pola pembelian konsumen di Apotek Prima Anugerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pada bulan juni 2022 dengan total transaksi 500 penjualan obat. Untuk mengidentifikasi tujuan pada penelitian ini peneliti melakukan proses perhitungan menggunakan metode FP-Growth dengan nilai minimum support 3%, 6%, 9%, 12%, 15% yang menghasilkan 2 aturan asosiasi untuk dijadikan sebagai acuan dalam menentukan tata letak obat. Dengan menggunakan metode algoritmaFP-Growth pihak apotek Prima Anugerah dapat mengetahui obat yang sering dibeli oleh konsumen, sehingga pihak apotek biasa mengambil keputusan dalam penyediaan stok obat di apotek Pirma Anugerah.
Keywords
Apotek, Asosiasi,Algoritma FP-Growth, Data Mining.
References
Ardani, N. R., & Fitrina, N. (2016). SISTEM REKOMENDASI PEMESANAN SPAREPART DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS PT. ROSALIA SURAKARTA). 6
Bunda, Y. P. (2020). ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA PEMBELIAN OLEH-OLEH (STUDI KASUS DI PUSAT OLEHOLEH UMMI AUFA HAKIM). 0
Maulana, A., & Fajrin, A. A. (2018). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR. KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER, 5(1), 27. https://doi.org/10.20527/klik.v5i1.100
Sepri, D., & Afdal, M. (2017). ANALISA DAN PERBANDINGAN METODE ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH UNTUK MENCARI POLA DAERAH STRATEGIS PENGENALAN KAMPUS STUDI KASUS DI STKIP ADZKIA PADANG. 1(1), 9
Ikhwan, A., & Nofriansyah, D. (2015). Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma). 3, 16
DOI:
https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5911
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anggi Yhurinda Perdana Putri, Fahri Hafidz, Ruli Utami
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.