Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Tangerang Gemilang Menggunakan Enhanced Information System Success Model

Sri Anjani Susanto, Anik Hanifatul Azizah

Abstract


Sistem Informasi Tangerang Gemilang merupakan sebuah aplikasi super milik Kabupaten Tangerang yang terintegrasi dengan berbagai sistem pelayanan publik. Sistem ini digunakan untuk menjembatani antara masyarakat dengan pemerintah melalui teknologi. Sejak dirilis pada 2019, masih terlihat beberapa keluhan dan kendala yang dirasakan oleh pengguna sistem seperti proses verifikasi akun user yang terlalu lama dan beberapa aplikasi yang belum berjalan secara maksimal. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengevaluasi Sistem Informasi Tangerang Gemilang menggunakan Enhanced Information System Success Model dengan 7 variabel evaluasi: kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna, kepercayaan, penggunaan, dan manfaat bersih. Penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan data kualitatif dan kuantitatif serta proses pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, studi literatur, serta kuesioner menggunakan cluster sampling dengan 60 responden. Karena memiliki banyak sistem didalamnya, pada penelitian ini hanya dilakukan analisis untuk 2 sistem yaitu Antrian Online, dan Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAP KERJA). Hasil dari penelitian menjelaskan hipotesis yang diterima dari kedua sistem yang dianalisis. Selain itu, penelitian ini menghasilkan rekomendasi dari dua sistem secara ringkas agar dapat diterapkan sehingga meningkatkan tingkat kesuksesan dari penerapan Sistem Informasi Tangerang Gemilang.

Keywords


Analisis Kesuksesan; Tangerang Gemilang; Enhanced Information System Success Model.

Full Text:

PDF

References


G. S. Utomo, K. H. Titisari, and A. Wijayanti, “Pengaruh Kualitas E-Government Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing: Studi Kasus Wajib Pajak Di Surakarta,” J. Akunt. DAN BISNIS J. Progr. Stud. Akunt., vol. 6, no. 1, pp. 13–21, 2020, doi: 10.31289/jab.v6i1.2752.

S. N. Rakhmah and W. Widyastuty, “Mengukur Tingkat Kesuksesan Website E-Government Pada Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Menggunakan Model DeLone McLean,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 1, pp. 129–138, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/1535/706.

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020.

A. H. Azizah, R. Widayanti, S. Sandfreni, and M. B. Ulum, “An Enhanced Information System Successs Model for Enterprise Resources Planning Implementation ob State-Own Enterprise,” Proc. First Mandalika Int. Multi-Conference Sci. Eng. 2022, MIMSE 2022 (Informatics Comput. Sci., vol. 1, pp. 45–54, 2022, doi: 10.2991/978-94-6463-084-8.

W. H. DeLone and E. R. McLean, Information System Success: The Quest for the Dependent Variable. Washington: The Institute of Management Sciences, 1992.

J. F. Hair, M. Sarstedt, and C. M. Ringle, Partial Least Squares Structural Equation Modeling, no. July. 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Anjani Susanto, Anik Hanifatul Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.