Mendalami Desain UI Aplikasi Blu: Studi Kasus tentang Penerapan Prinsip Interaksi Manusia dan Komputer

Dita Anggelia, Yosefina Finsensia Riti

Abstract


Aplikasi perbankan digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern dalam era digital yang semakin berkembang. Dalam konteks ini, analisis aplikasi Blu dari Bank Central Asia (BCA) menjadi penting, terutama dalam mempertimbangkan prinsip interaksi manusia dan komputer. Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk mengevaluasi keberhasilan Blu dalam memenuhi standar desain UI yang baik dan memfasilitasi pengalaman pengguna yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi heuristik untuk menganalisis aplikasi Blu dengan fokus pada faktor manusia, teknologi, ergonomi, dan usability. Hasil analisis menunjukkan bahwa Blu berhasil memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna milenial dengan desain yang menarik dan fitur-fitur canggih yang memudahkan pengelolaan keuangan. Blu juga memperhatikan konsistensi, kemudahan penggunaan, dan kustomisasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, terutama terkait kinerja fitur QRIS yang lambat. Kesimpulannya, Blu secara keseluruhan memenuhi prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer dengan baik, memberikan panduan berharga bagi pengembang untuk meningkatkan layanan perbankan digital di masa mendatang.

Keywords


Interaksi Manusia Komputer (IMK); Blu; Bank Central Asia (BCA); Analisis UI; Digital Banking Application.

Full Text:

PDF

References


S. Nurbaiti Oktaviani, C. Fikri Aziz, and B. Maula Sulthon, “Analisa UI/UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 6, pp. 225–233, 2022, doi: 10.30865/klik.v2i6.401.

A. Indrati and Bayu Saputra, “Analisis Usability Layanan Bca Mobile Banking Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 35–42, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i1.469.

I. D. A. R. Utari, N. W. Utami, and I. G. A. P. D. Putri, “Analisis Intention of Use dalam Implementasi Pembayaran QRIS pada Pelaku Usaha di Pasar Seni Sukawati,” SNESTIK Semin. Nas. Tek. Elektro, Sist. Informasi, dan Tek. Inform. , pp. 28–33, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/snestikdanhttps://snestik.itats.ac.id

N. D. Wulanndari and A. Sodik, “Uji Usability Website Akademik Universitas XYZ Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” SNESTIK Semin. Nas. Tek. Elektro, Sist. Informasi, dan Tek. Inform. , vol. 23, no. 1, pp. 393–399, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/snestikdanhttps://snestik.itats.ac.id

C. Ravelino and Y. A. Susetyo, “Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, pp. 121–129, 2023, doi: 10.35870/jtik.v7i1.697.

G. A. Sugianto and A. Rio, “Designing Mobile Application As Information Media of Bank Indonesia,” vol. 2, no. 2, pp. 637–648, 2015.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

H. Sutanto, M. Ichsan, and J. D. Yehuda, “The Influence of User Interface and Application Security on the Decision to Use Bank A’s Mobile Banking Among University B Students in Jakarta, Indonesia,” E3S Web Conf., vol. 426, 2023, doi: 10.1051/e3sconf/202342601075.

W. Sudiarsa and G. B. Wiraditya, “Heuristic Evaluation Usability Analisys on Information and Tracking Covid-19 Application Peduli Lindungi Using Heuristic Evaluation,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 354–364, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dita Anggelia, Yosefina Finsensia Riti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.