Perancangan UI/UX Aplikasi Berbagi Tumpangan Terpercaya dalam Lingkup Perusahaan dengan Pendekatan Design Thinking

Muhammad Patria, Dea Andini Andriati, Chantika Ratu Tria

Abstract


Dalam menghadapi masalah kemacetan dan efisiensi transportasi di wilayah metropolitan, terutama dalam lingkup perusahaan dengan mobilitas tinggi antar karyawan, konsep berbagi tumpangan menjadi solusi potensial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) aplikasi berbagi tumpangan terpercaya, mengadopsi pendekatan Design Thinking untuk memastikan desain yang user-centric. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan, pain points, dan preferensi pengguna untuk menciptakan desain aplikasi yang intuitif, fungsional, dan memenuhi ekspektasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UI/UX yang dikembangkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pengguna dalam menggunakan aplikasi berbagi tumpangan, sekaligus mengatasi kekhawatiran terkait keamanan dan privasi. Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan karyawan dalam berbagi tumpangan, mengurangi jumlah kendaraan pribadi, dan berkontribusi pada pengurangan kemacetan serta polusi.

Keywords


Berbagi tumpangan; design thinking; UI/UX; kepercayaan pengguna; efisiensi transportasi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, Analisis Mobilitas Tenaga Kerja: Hasil Survei Angkatan Kerja 2022, vol. 8. 2023. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/10/27/83d4aaefa732e79efa75107b/analisis-mobilitas-tenaga-kerja-hasil-sakernas-2022.html

E. A. Morris and J. A. Hirsch, “Does rush hour see a rush of emotions? Driver mood in conditions likely to exhibit congestion,” Travel Behav. Soc., vol. 5, no. September 2016, pp. 5–13, 2016, doi: https://doi.org/10.1016/j.tbs.2015.07.002.

PPID Kementerian Perhubungan, Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). 2015. [Online]. Available: https://ppid.dephub.go.id/fileupload/informasi-berkala/laporan_RITJ.pdf

D. N. Sasongko and Y. Setiadi, “Variabel-Variabel yang Memengaruhi Status Stres Pekerja Komuter dengan Kendaraan Bermotor Pribadi dan Umum di Jabodetabek,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2021, no. 1, pp. 621–630, 2021, doi: https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.982.

A. Wibisono and A. Azhar, “Pembuatan Perangkat Lunak Berbasis Lokasi untuk Berbagi Kendaraan,” J. SISFO, vol. 6, no. 3, pp. 265–282, 2017, doi: https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.05.001.

D. Dahuri, “Pengguna Jasa Transpotasi Online Rentan Jadi Korban,” Media Indonesia, Sep. 08, 2019. [Online]. Available: https://mediaindonesia.com/humaniora/258049/pengguna-jasa-transpotasi-online-rentan-jadi-korban

R. D. Darmawan, “Design Thinking Sebagai Pendekatan Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah,” LinkedIn. Accessed: Mar. 12, 2024. [Online]. Available: https://id.linkedin.com/pulse/design-thinking-sebagai-pendekatan-kreatif-dalam-masalah-r-dipo

“5 Ways to Interpret a SUS Score,” MeasuringU. Accessed: Mar. 15, 2024. [Online]. Available: https://measuringu.com/interpret-sus-score/




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Patria, Dea Andini Andriati, Chantika Ratu Tria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.