Analisa Pengukuran Keselarasan Strategis Bisnis dan TI Menggunakan Metode SAMM LUFTMAN Studi Kasus (Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur)
Abstract
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur mengutamakan Teknologi Informasi sebagai landasan operasionalnya. Dengan kinerja TI yang baik bertujuan untuk meningkatkan kinerja instansi untuk membantu mereka mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Namun sejauh ini penerapannya belum mampu sepenuhnya mendukung proses bisnis yang ada dan memberikan kontribusi yang maksimal terhadap bisnis. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur perlu memperkenalkan TI tidak hanya sebagai penunjang kegiatan bisnis, namun juga sebagai bagian dari strategi pengelolaannya. Dalam penelitian ini, pengukuran keselarasan menggunakan SAMM (Strategic Alignment Maturity Model) yang diperkenalkan oleh Luftman untuk mengevaluasi kesesuaian strategi TI dengan bisnis pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Model SAMM didasarkan pada pengembangan 12 komponen pada model SAM (Strategic Alignment Model) Henderson dan Venkatraman serta hasil studi Luftman yang mengidentifikasi faktor yang berperan sebagai pemicu (enabler) dan penghambat penyelarasan bisnis dan TI. Kata kunci: Keselarasan Strategi Bisnis; Strategi TI; Strategic Alignment Maturity Model; Strategic Alignment Model; Luftman’s SAMM
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Septiana Niar Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.