TRANSMISI LISTRIK MENGGUNAKAN SISTEM PEMANCAR GELOMBANG PADA PENGISIAN DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK

Muhammad Ukasya Faktur Rahman, Akhmad Fahruzi

Abstract


Pada seiringan jaman kendaraan yang memiliki fungsi sebagai sarana transportasi bagi masyarakat sudah menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan yang memberikan dukungan pergerakan atau mobilisasi kehidupan, salah satunya yaitu kendaraan mobil listrik. Penggunaan energi listrik yang dibutuhkan membuat pengisian baterai akan sering dilakukan dan kurang efisiensinya dalam pengisian daya baterai yang masih menggunakan kabel ataupun diperlukannya untuk pergi dan mengantri menuju SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Maka dari itu dibangunlah penelitian ini dengan judul “Transmisi Listrik Menggunakan Sistem Pemancar Gelombang Pada Pengisian Daya Baterai Mobil Listrik” yang dimana untuk akses jalan raya akan ditempatkan beberapa transmitter agar setiap mobil listrik yang memasuki zona jalan raya wireless charging akan dapat terus melakukan pengecasan baterai mobil listrik tanpa khawatir baterai habis pada saat berkendara. Dengan tegangan 12,07VDC dan arus 212mA dengan daya 2,55884 Watt yang dipancarkan dari transmitter sebagai jalan raya dan tegangan tersebut diterima sebagai charging mobil listrik sebagai receiver yakni dengan tegangan 10,87VDC dan arus 164,6mA dengan daya 1,789202 Watt antara jarak mobil terhadap trasnmitter yakni 5,5cm hingga jarak 23cm agar mobil tersebut dapat melakukan pengecasan dengan daya tegangan 8,66VDC dan arus 1,86mA dengan daya 0,0161076 Watt dan dapat menerima tegangan dengan jarak ketinggian 85,5cm tanpa rangkaian regulator.


Keywords


Transmisi Daya Nirkabel; Pengisi Daya Nirkabel; Tesla; Mobil Listrik; Pemancar Listrik Daya Gelombang.

Full Text:

PDF

References


M. Aziz, Y. Marcellino, I. A. Rizki, S. A. Ikhwanuddin, and J. W. Simatupang, “Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik,” TESLA J. Tek. Elektro, vol. 22, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.24912/tesla.v22i1.7898.

I. Susanti, R. Rumiasih, C. RS, and A. Firmansyah, “Pengisiannya Pada Mobil Listrik,” Elektra, vol. 4, no. 2, pp. 29–37, 2019.

N. Azizah, G. A. Khoirunnisa, N. Nuzulia, R. S. Muhammad, and M. Su’udi, “Review: Mekanisme Miko-Heterotrof Tumbuhan Monotropa,” JRST (Jurnal Ris. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.30595/jrst.v3i2.4142.

R. Mulyadi, K. D. Artika, and M. Khalil, “Perancangan Sistem Kelistrikan Perangkat Elektronik Pada Mobil Listrik,” Elem. J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, p. 07, 2019, doi: 10.34128/je.v6i1.85.

V. Tulus Pangapoi Sidabutar, “Kajian pengembangan kendaraan listrik di Indonesia: prospek dan hambatannya,” J. Paradig. Ekon., vol. 15, no. 1, pp. 21–38, 2020, doi: 10.22437/paradigma.v15i1.9217.

M. R. Fahlevi, “PERANCANGAN WIRELESS ELECTRIC TESLA COIL MENGGUNAKAN METODE CAPASITIVE TRANSMISI,” pp. 1–74, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/225827488.pdf.

A. Q. H, “Aplikasi Charging Wireless Pada Quadcopter.” 2017.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ukasya Faktur Rahman, Akhmad Fahruzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.