Analisa Penerapan Lean Manufacturing pada Sistem Produksi Girders Boxing Fabrication Process untuk Mengeliminasi Waste (Studi Kasus : Departemen Produksi Crances PT.XYZ)

Manarul Hidayah, Hery Murnawan, Rony Prabowo

Abstract

PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur barang – barang terkait derek di Indonesia. Perusahaan yang bermarkas di Jerman ini memproduksi berbagai macam cranes, salah satu yang paling populer adalah derek industri. Perusahaan menyediakan derek berdasarkan permintaan (MTO) atau berdasarkan pesanan atau pesanan untuk semua jenis cranes. Permasalahan yang dihadapi pihak perusahaan adalah banyaknya aktivitas yang terbuang pada proses pembuatan cranes dari girder pada proses boxing, hal ini mengakibatkan perusahaan tidak mencapai standar produktivitas yang diharapkan oleh perusahaan.

Untuk mempelajari frekuensi aktivitas pemborosan pada proses pembuatan boxing girder digunakan lean approach pada manufaktur, pendekatan ini dimaksudkan untuk mengurangi pemborosan sekaligus memberikan sarana perbaikan berkelanjutan yang akan berujung pada efisiensi dalam proses. Dalam proses penelitian ini digunakan pendekatan Lean Manufacturing untuk menganalisis keberadaan waste dengan menggunakan metode Waste Assessment Model (WAM), ditentukan jenis waste yang dominan pada proses pembuatan boxing girder dengan menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM), dan nilai proses dinilai menggunakan Value Stream Analysis Tools (VALSAT). Penyebab dan akibat dari proses tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode lima alasan dengan diagram sebab akibat sebagai usulan perbaikan pada proses pembuatan box girder.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa tiga kategori pemborosan terbesar adalah pemborosan pesanan berlebih (22,2%), pemborosan inventaris (17%), dan pemborosan pergerakan yang tidak perlu (15,2%). Saran perbaikan diberikan untuk mengetahui penyebab utama permasalahan dengan penjelasan lebih detail menggunakan kombinasi metode diagram sebab akibat dan analisis lima alasan. Setelah usulan perbaikan diterapkan, proses pembuatan boxing girder mengurangi waktu sebanyak 12,4 jam.

 

Kata Kunci : Boxing, Cranes, Girders, Lean, Waste

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.