Transformasi UMKM Balikpapan: Peran Inovasi, Kreativitas, Dan Jejaring Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, kreativitas, dan jaringan bisnis terhadap kinerja usaha kecil di Kota Balikpapan. Usaha kecil memiliki peran penting dalam perekonomiandaerah, namun sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan kinerjabisnis. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatankuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melalui kuesioneryang disebarkan kepada 123 pelaku usaha kecil di Balikpapan dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikanterhadap kinerja usaha kecil, di mana usaha yang terus berinovasi mampumeningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Kreativitas juga memiliki pengaruh signifikan, menunjukkan bahwa usaha dengankreativitas tinggi lebih mampu menarik pelanggan. Selain itu, jaringanbisnis berperan penting dalam memperluas akses pasar dan meningkatkanefisiensi operasional. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memilikipengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja usaha kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa inovasi produk, kreativitas, dan jaringanbisnis merupakan faktor utama dalam meningkatkan daya saing usahakecil. Oleh karena itu, pelaku usaha disarankan untuk terus berinovasi dan memperkuat jaringan bisnis guna meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan usaha mereka.
Kata kunci: Jaringan bisnis, Kreativitas, Kinerja usaha kecil, Inovasi Produk, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Alfian, G., dan Pitaloka E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Kondisi Pandemik Covid-19. Manajemen (JJM Online), 501-509.
Trisnawati, Nur Anggraini. (2024). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Kuliner Di Kabupaten Sampang. Journal Of Social Science Research, Vol.4, No.2, Hal:5151-5160.
Badan Pusat Statistik. (2023). Kemacatan Balikpapan Utara Dalam Angka Tahun 2023. Balikpapan: BPS Kota Balikpapan.
Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69-77.
Hedvall, K., (2019) Suution in Business Networks: Implications Of An Interorganizational Perspective. Journal Of Business Research, Vol. 104, pp: 411-421.
Michael, P. A., & David S. W. (2014). Small Business Management: Launching & Growing Entrepreneurial Ventures. Cengage Learning.
Gummesson, E. 2002. Total Relationship Marketing. Butterworth Heinemann.
Kotler. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Dhewanto, W. (2014). MANAJEMEN INOVASI – Peluang Sukses
Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: ANDI.
Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Lukas, B. A. & O. C. Farrell. (2000). The Effect of Market Orientation om Product Innovation. Jurnal of The Academy of Marketing Science, Vol. 28, Hal: 239-247.
Methasari, G. K. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas. Volume 8 Nomor 2 Oktober tahun 2018, Hal: 176-188.
Rohmaniyah Alfiatur dan Tatiek Nurhayati. 2017. Peningkatan Kreativitas Pemasaran dan Kualitas Networing Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Studi Kasus pada CV. Mubarokfood Kudus. Ekobis.18(2),149-163.
Riyanto, Y. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Marselina, R. D., Andi Gunawan., Dede R., Rani M., dan Ranti N. (2024). Analisis Perkembangan Jaringan Bisnis Pada UMKM Rj Family. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No. 1, Hal: 2249-2252.
Tambunan, W. N., Helmi W., Rahmat F., Fajariah A., Sharleen., dan Mahdi. (2024). Peran Inovasi Dan Jaringan Bisnis Dalam Pengembanga UMKM Kuliner Di Era Digital. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Vol. 3, No. 5, Hal: 2447-2453.
Granovetter, M. (1985). Economic Action and Social Structure: The Problem of Embeddedness. American Journal of Sociology, Vol. 91, pp. 481– 510.
Raza, S., Minai, M. S., ul Haq, M. A., Ismail, A. I., & Zain, A. Y. M. (2018). Entrepreneurial Network Towards Small Firm Performance Through Dynamic Capabilities: The Conceptual Perspective. Academy of Entrepreneurship Journal, 24(4).
Dinar. (2017). Pengaruh Aspek Keuangan Dan Komptensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja UMKM Di Desa Kosongan. Jurnal Akuntansi, 4(1), Hal: 112-121.
Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Jawa Tengah. Sasat Bisnisi, 20(2), Hal: 1-8.
Minuzu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12.
Alyza, Suci Nur. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kec. Tambang Kampar. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Refbacks
- There are currently no refbacks.