Strategi Peningkatan Omzet Outlet Ritel Melalui Optimalisasi Peran Tim Logistik dan Sales dari Distributor Garudafood Pekanbaru

Rizal Ardianto, Ruri Artanti Prahastuti, Hari Irawan, Adinda Sukma Novelia, Julianus Hutabarat

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi peningkatan omzet yang diterapkan oleh tim salesman pada outlet ritel distributor Garudafood di Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif terhadap data transaksi bulanan, kuesioner dan matrix Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata transaksi outlet sebesar 14,8% setelah implementasi strategi monitoring produk aktif, pengenalan varian produk baru dan perbaikan display. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa peran aktif salesman dalam pengelolaan outlet memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kinerja penjualan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelolaan distribusi produk dan peningkatan loyalitas outlet.

Kata kunci: distribusi, transaksi outlet, produk aktif, performa ritel, logistik. 

References

Kipu, Mita Sandri, “Pemasaran Relasional dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan di Matahari Departement Store Manado”, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Hal. 357-364, Juni 2013.

Widyastuti, Pristiana, “Mengukur Loyalitas Konsumen Ritel Grocery Store”, Jurnal Transaksi Vol. 11, No. 2 ISSN 1979-990X, Des 2019

Prabowo. Dirgantara, Made Bayu., “Pengaruh CRM Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing Syaria Untuk Meningkatkan Loyalitas dan Penjualan (Studi pada Distributor Suku Cadang Kendaraan Roda Dua di Jawa Tengah)”, Jurnal Ilmiah ekonomi Islam, 23 Juli 2023 [Online]. Available: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/9852

Avlijaš, Goran et al., “Measuring the Effects of Automatic Replenishment on Product Availability in Retail Stores”, 29 Jan 2021. Available: https://www.doi.org/10.3390/SU13031391

Novita, et al. “The Impact Of Training Quality, Managerial Skill And Sales Motivation On Developing Salesman Performance To Increase Sales Effectiveness”. 24 Mar 2018 [Online]. Available: https://www.doi.org/10.14710/JSPI.V16I2.70-85

Wijaya. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks, 2011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.