Faktor Rekomendasi Peningkatan Layanan Kampus dengan Pendekatan Kualitatif

Alexander Wibowo, Benediktus Arion, Pradita Effendi, Ayouvi Poerna Wardhanie

Abstract


Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, di mana kepuasan mahasiswa merupakan indikator kunci keberhasilan institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut layanan utama di Universitas Dinamika berdasarkan perspektif mahasiswa dari berbagai program studi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam, penelitian ini mengeksplorasi dimensi kualitas layanan termasuk keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan tangibles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun aspek penjadwalan akademik dan fasilitas fisik memadai, ada kekurangan dalam sistem pemberitahuan pembayaran, keterlambatan pengumuman nilai, dan kurangnya informasi mengenai peluang kerja. Selanjutnya, dukungan akademik seperti bimbingan karir dan konseling perlu ditingkatkan. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan interaksi dosen-mahasiswa dan menyampaikan materi yang lebih mendalam untuk meningkatkan pengalaman belajar dan kesiapan mahasiswa terhadap dunia kerja. Penelitian ini menawarkan rekomendasi praktis untuk meningkatkan pengelolaan atribut layanan di Universitas Dinamika

Keywords


Higher Education; Key Service Attributes; Service Quality; Student Satisfaction

Full Text:

PDF

References


L. E. Wahyudi dkk., "Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia," Ma'arif J. Educ. Madrasah Innov. Pejantan Aswaja., vol. 1, no. 1, hlm. 18–22, 2022, doi: 10.69966/mjemias.v1i1.3.

N. Triwijayanti, H. Sanoto, dan M. Paseleng, "Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Budaya Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua," Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 1, hlm. 74–80, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i1.p74-80.

J. Douglas, A. Douglas, dan B. Barnes, "Mengukur kepuasan mahasiswa di universitas Inggris," Qual. Assur. Mengemuka., vol. 14, no. 3, hlm. 251–267, 2006, doi: 10.1108/09684880610678568.

A. A. T. Fahlevi, "Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Laboratorium UM," J. Praktek. Belajar. Mendidik Dev., vol. 3, no. 2, hlm. 231–242, 2023, doi: 10.58737/jpled.v3i2.160.

Haryadi, Misnawati, dan Yusrizal, Mewujudkan Kemandirian Belajar Merdeka Belajar sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh, vol. 01. 2017.

I. P. Suardipa and K. Pitriani, “Urgensi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan,” J. Penjaminan Mutu, vol. 1, no. 2, hlm. 143–153, 2020, [Online]. Tersedia: http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/909

N. Gaus, M. Yunus, A. Karim, dan H. Sadia, "Analisis model implementasi kebijakan di perguruan tinggi: studi kasus Indonesia," Polis Stud., vol. 40, no. 1, hlm. 92–109, 2019, doi: 10.1080/01442872.2018.1539224.

A. Mustanir, Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat. Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Penerbit Qiara Media, 2019. [Online]. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/335000572

R. Teknik dkk., "Analisis Kualitas Sinyal WiFi Fakultas Teknik UNNES dan Implementasinya dalam Kegiatan Perkuliahan Khususnya Akses Elena," J. Angka, vol. 1, no. 1, hlm. 32–47, 2024, [Online]. Tersedia: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka

S. Mudrikah, U. Suherman, dan Y. R. Yustiana, "Peran Bimbingan dan Konseling dan Pengembangan Karir (BKPK) di Universitas dalam Mempersiapkan Karakter Bangsa Menuju Generasi Emas 2045," JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 3, hlm. 3374–3382, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i3.3750.

A. W. Rizqi, Kepuasan kualitas layanan Akademik pada Perguruan Tinggi Swasta KOPERTIS VII Wilayah Surabaya Program Studi Teknik Industri. 2018. [Online]. Tersedia: https://repository.its.ac.id/59390/

SJ Park, Y. Yi, dan YR Lee, "Dimensi heterogen SERVQUAL," Total Kualifikasi Manag. Bus. Excell., vol. 32, no. 1–2, hlm. 92–118, 2021, doi: 10.1080/14783363.2018.1531700.

M. Sobry dan MP . Prosmala Hadisaputra, "Penelitian kualitatif Penelitian kualitatif," Bandung PT. Remaja Rosda Karya, no. c, hlm. 0–3, 2020, [Online]. Tersedia: http://www.academia.edu/download/54257684/Tabrani._ZA_2014-Dasar-dasar_Metodologi_Penelitian_Kualitatif.pdf

A. Armellini, V. Teixeira Antunes, dan R. Howe, "Perspektif Siswa tentang Pengalaman Belajar dalam Konteks Pembelajaran Campuran Aktif Pendidikan Tinggi," Tren Teknologi, vol. 65, no. 4, hlm. 433–443, 2021, doi: 10.1007/s11528-021-00593-w.

P. Dubey dan KK Sahu, "Manfaat yang dirasakan siswa, niat adopsi, dan kepuasan terhadap pembelajaran yang ditingkatkan teknologi: memeriksa hubungan," J. Res. Innov. Mengajar. Belajar., vol. 14, no. 3, hlm. 310–328, 2021, doi: 10.1108/JRIT-01-2021-0008.

A. Cívico-Ariza, E. Colomo-Magaña, E. González-García, dan E. Sánchez-Rivas, "Menjadi sukarelawan dalam konteks universitas: Persepsi dan partisipasi mahasiswa," Edukasi Ilmu Pengetahuan., vol. 10, no. 12, hlm. 1–13, 2020, doi: 10.3390/educsci10120380.

S. Hansen, "Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi," J. Tek. Sipil, vol. 27, no. 3, hlm. 283, 2020, doi: 10.5614/jts.2020.27.3.10.

Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, hlm. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

R. S. Hia, D. Lase, P. Lahagu, dan S. A. Mendrofa, "Analisis penerapan manajemen talenta di Hotel Soliga Kota Gunungsitoli," Tuhenori J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 1, hlm. 65–77, 2023, doi: 10.62138/tuhenori.v1i1.13.

F. A. Wijayanti, H. M. Hudzaifah, Yulizawati, dan U. F. Lisa, "Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Bimbingan Akademik di Program Studi Sarjana Kebidanan," Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 2, hlm. 199–211, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i2.2219.

F. Husna, "Wajah Ekonomi 4.0: Perbankan Syari'ah Digital, Peningkatan Daya Saing dan Strategi Dakwah Islam," Idarotuna, vol. 3, no. 1, hlm. 59, 2020, doi: 10.24014/idarotuna.v3i1.11328.

A. M. Surur dan A. U. Nadhirin, "Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi," As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, hlm. 81–94, 2020, [Online]. Tersedia: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939

S. Sutarto, "Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran," Islam. Negara. J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 1, no. 2, hlm. 1, 2017, doi: 10.29240/jbk.v1i2.331.

D. Wulandari, K. Khusaini, dan E. N. Syamiya, "Literasi Digital sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik," SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.30998/sap.v6i3.11925.

D. Murtado, I. P. A. D. Hita, D. Chusumastuti, S. Nuridah, A. H. Ma'mun, dan M. D. Yahya, "Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas," J. Pendidikan., vol. 6, no. 1, hlm. 35–47, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.2911.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alexander Wibowo, Benediktus Arion, Pradita Maulidya Effendi, dan Ayouvi Poerna Wardhanie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.