Analisis Aspek yang Berkontribusi Terhadap Literasi Informasi Mahasiswa Surabaya Menggunakan Metode Chi Square

Muhammad Bazwa Arigusna, Adiel Fatich Ar Rafi, Anggraini Puspita Sari

Abstract


Kemampuan literasi informasi sangat penting di era digital, karena membantu dalam mengakses, mengelola, dan menyaring informasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat. Terdapat berbagai aspek yang memengaruhi tingkat literasi informasi, yang memerlukan klasifikasi. Penelitian ini menggunakan metode Chi Square untuk menganalisa hubungan antara aspek-aspek yang berkontribusi terhadap literasi informasi pada 94 mahasiswa di Surabaya, dengan rentang usia 18-24 tahun. Aspek yang dianalisis mencakup rutinitas membaca, suasana hati, literasi media informasi digital, keperluan wawasan terhadap informasi, kemampuan berpikir secara kritis, dan aktivitas mencari informasi. Data dikumpulkan dalam  tabel observasi dan dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara beberapa aspek dengan tingkat literasi informasi, mengindikasikan adanya pengaruh kuat seperti rutinitas membaca dan literasi informasi menjadikan mahasiswa semakin sering seseorang membaca, semakin baik juga kemampuan literasi informasinya.

Keywords


Chi Square; Digital literacy; Information literacy; Statistical analysis; Youth.

Full Text:

PDF

References


Bula, Z., Resmawan, Nashar, L. O., & Nasib, S. K. (2022). Improved Chi-Square Automatic Interaction Detection pada kasus literasi informasi. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, 6(2), 214–222.

P. O. Irianto and L. Y. Febrianti, "Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA," ELIC, pp. 640–647, 2017.

D. Mulyono, "Literasi Informasi dalam Kerangka Pengembangan Pendidikan Masyarakat," Jurnal COMM-EDU, vol. 3, no. 1, pp. 2622–5492, 2020.

F. Perdana and D. Sinaga, "Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Guru dan Siswa di Era Digital," Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora, vol. 5, no. 1, pp. 33-37, Feb. 2023.

S. Prabowo, A. Andayani, and H. Hanafi, "Literasi Digital dalam Pembelajaran: Pespektif Alumni PGSD," Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 99-105, 2023.

I. Nugraha and F. Aryanti, "Analisis Hubungan Produk HP Samsung Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Menggunakan Metode Uji Chi-Square," Jurnal TRINISTIK, vol. 03, no. 1, pp. 46-52, 2024.

M. L. McHugh, "The Chi-square test of independence," Biochemia Medica, vol. 23, no. 2, pp. 143-149, 2013.

N. L. Sulaiman and S. N. A. Rahim, "Information literacy skills and information-seeking behaviour of Malaysian undergraduate students," Malaysian Journal of Library & Information Science, vol. 23, no. 1, pp. 61-77, 2018.

N. P. Sari and A. Purnamasari, "Peningkatan Literasi Informasi Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 11, no. 1, pp. 55-65, 2022.

D. Darmawan, "Urgensi Literasi Informasi di Era Digital," Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 123-132, 2021.

Sukestiyarno, Statistika Dasar dan Penerapannya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2021.

I. Sary and Z. Mazaimi, "Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Siswa," Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 120-123, Dec. 2023.

S. O. Pramudya, F. W. Nabili, R. Himawan, and A. P. Sari, "Sistem Pendeteksi Diabetes Menggunakan Algoritma Tsukamoto Pada Bahasa Pemrograman Python," in Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA), vol. 3, pp. 53-57, 2023.

D. Wahyudi, J. Idris, and Z. Abidin, “Tren dan Isu Penelitian Uji-T dan Chi Kuadrat Dalam Bidang Pendidikan,” Linear: Journal of Mathematics Education, vol. 4, no. 2, pp. 182–196, Dec. 2023.

A. A. Heryaninda, D. Hainiyah, A. L. Zhahra, C. Putri, and H. I. K. Anam, “Survei Hubungan Asosiasi Antara UKT (Uang Kuliah Tunggal) Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2022 Terhadap Tingkat Kepuasan Fasilitas Kampus,” Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, vol. 1, no. 3, pp. 569–577, Oct. 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Bazwa Arigusna, Adiel Fatich Ar Rafi, dan Anggraini Puspita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.