PROSES FILTRASI DAN DISPERSI JENIS TANAH SANDY LOAM PADA PENGOLAHAN AIR SUNGAI

Kasianus Kelvin Tanga, Maritha Nilam Kusuma, Musarofa Musarofa, H. Refaldin H. Refaldin

Abstract


Sungai Jagir Surabaya merupakan sungai yang menampung buangan dari beberapa sumber seperti permukiman, industry, perkantoran dls. Air Sungai Jagir banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar bantaran sungai sebagai air
bersih yang digunakan untuk kebutuhan MCK dan Keperluan lainnya. Namum kondisi air sungai dapat dikatakan tidak layak untuk digunkan karena mengandung beban pencemar yang cukup tinggi dan tidak sesuai dengan standar baku mutu untuk Keperluan Hygiene Sanitasi. Untuk itu perlu dilakukan pengolahan yang efisien agar masyarakat bisa menggunakan air bersih yang sehat dan bermanfaat untuk aktifitas sehari-hari. Salah satu sistem pengolahan airadalah filtrasi (penyaringan). filtrasi alami dapat dimanfaatkan untuk membantu kinerja IPAM. Proses filtrasi alami sangat dipengaruhi sifat fisik tanah, (Kusuma & Yulfiah, 2018). Sifat fisik tanah juga mempengaruhi proses
dispersi (penyebaran) air dalam media tanah. Media tanah yang digunakan adalah sandy loam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dari proses filtrasi dan dispersi pada jenis tanah sandy loam dalam pengolahan air sungai jagir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses filtrasi pada tanah sandy loam mampu meremoval beban pencemar tertinggi untuk parameter BOD sebesar 30% turdibity sebesar 47%, Fe 93% dan Kesadahan sebesar 40% dengan pH tanah 5,5 pada hari ke -4. Proses dispersi (penyebaran) air pada jenis tanah sandy loam memiliki laju penyebaran yang cukup baik dalam meloloskan air, karena tanah jenis sandy loam memiliki porositas yang rendah dan pori-pori berukuran besar sehingga airasi nya baik dan daya hantar air cukup cepat.


Keywords


Air Sungai; Dispersi; Filtrasi

Full Text:

PDF

References


Handayani, T., & Wahyuni, D. (2016). Pengaruh Sifat Fisik Tanah Terhadap Konduktivitas Hidrolik Jenuh. PRISMA FISIKA.

Kusuma, M. N., & Yulfiah. (2018). Hubungan Porositas Dengan Sifat Fisik Tanah Pada Infiltration Galery. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI 2018 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Kusuma, M. N., Hadi, W., & Wirjodirdjo, B. (2018). Preliminary Stuy of Infiltration Gallery for Water Treatment towards Universal Acces 2019 in Indonesia. Soil and Enviroment.

Kusuma, M. N., Hadi, W., Wirjodirdjo, B., & Yulfiah. (2018). Corelation between quality and quantity form pollutants absorption by soil to the application of infiltration gallery. Pollution Research.

Kusuma, M. N., Oktavia, O., Fitriani, N., & Hadi, W. (2019). Combination Upflow Roughing filter in Series With Geotextile to removal total Nitrate in Dry and Rainy Season. ARPN Journal of Engineering and 2 Applied Sciences.

Megawati, S. (2019). Kajian Beberapa Penggunaan Lahan Terhadap Nisbah Dispersi Pada Tanah Ultisol di PT Great Giant Food. In Skripsi. Bandar Lampung.

Musdalipa, A. (2018). Pengaruh Sifat Fisik Tanah dan Sistem Perakaran Vegetasi Terhadap Laju Infiltrasi . In Skripsi. Makassar.

Staff, S. S. (2012). Dasar-dasar Ilmu Tanah. Jakarta:Erlangga.

Suruan, Y., Masengi, K. W., & Kalangi N.I., P. (2015). Dispersi benda mengapung di sekitar muara Sungai Malalayang,. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 2.

Tufaila, M., & Alam, S. (2014, Mei). Karakteristik Tanah dan Evaluasi Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. AGRIPLUS, 24.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan