IMPLEMENTASI SURVEILLENCE ROBOT DENGAN MENGGUNAKAN ESP32 CAM DAN FT232 ARDUINO BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Immanuel Christian Cahaya Putra

Abstract


Robot dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. IoT (internet of things) adalah jaringan yang menghubungkan berbagai objek yang memiliki identitas dan alamat IP sehingga dapat bertukar informasi dengan perangkat lain. ESP32 adalah nama mikrokontroler yang dikembangkan oleh perusahaan asal China yaitu Espressif System. ESP32 menawarkan solusi jaringan WiFi yang mencakup Kamera OV2640. Ft232 adalah mikrokontroler yang mengunggah data ke chip atau mikrokontroler. Sebelum diupload ke chip mikrokontroler lain, harus diprogram menggunakan Arduino IDE agar mudah dipahami, kemudian dikompilasi dan diupload ke chip komponen lain. Fungsi utama robot adalah untuk dikendalikan dari jarak jauh dan memudahkan pekerjaan manusia. Sedangkan skenario pengujian menggunakan pengujian QoS (quality of service), pengujian delay, dan pengujian packet loss. Hasil pengujian QOS menghasilkan packet loss sebesar 0,01% (sangat baik) dan delay rata-rata sebesar 3.694 ms (baik). Pengujian pada black box menghasilkan dua macam realisasi dengan pengujian 10X. Yang pertama adalah gerak robot yang bekerja dengan baik meskipun terjadi tabrakan saat bergerak mundur sebesar 93%, gerakan kiri yang terlalu cepat saat berbelok ke kiri sebesar 85%, kemudian bergerak ke kanan mengalami keterlambatan sebesar 98%. Kamera bergerak ke kanan; di-buffer 78%, lalu kamera sebelah kiri bekerja dengan baik meski di-buffer 80%. Selanjutnya kamera bergerak ke atas dapat bekerja dengan baik walaupun mengalami packet loss dan buffer 70%, dan terakhir robot juga bekerja dengan baik. yang bekerja dengan baik meskipun terjadi tabrakan saat bergerak mundur sebesar 93%, gerakan kiri yang terlalu cepat saat berbelok ke kiri sebesar 85%, lalu bergerak ke kanan mengalami keterlambatan sebesar 98%. Kamera bergerak ke kanan; di-buffer 78%, lalu kamera sebelah kiri bekerja dengan baik meski di-buffer 80%. Selanjutnya kamera bergerak ke atas dapat bekerja dengan baik walaupun mengalami packet loss dan buffer 70%, dan terakhir robot juga bekerja dengan baik. yang bekerja dengan baik meskipun terjadi tabrakan saat bergerak mundur sebesar 93%, gerakan kiri yang terlalu cepat saat berbelok ke kiri sebesar 85%, lalu bergerak ke kanan mengalami keterlambatan sebesar 98%. Kamera bergerak ke kanan; di-buffer 78%, lalu kamera sebelah kiri bekerja dengan baik meski di-buffer 80%. Selanjutnya kamera bergerak ke atas dapat bekerja dengan baik walaupun mengalami packet loss dan buffer 70%, dan terakhir robot juga bekerja dengan baik.

Keywords


IMPLEMENTASI SURVEILLENCE ROBOT DENGAN MENGGUNAKAN ESP32 CAM DAN FT232 ARDUINO BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Full Text:

PDF

References


H. A. U. Sakur, "Sistem Kontrol Robot Pengintai Berbasis Video," Sistem Kontrol Robot Pengintai Berbasis Video, 2019.

M. S. B. S. Nanang Sadikin, "Journal of Physics: Conference Series," Smarthome Using Android Smartphone, Arduino uno, pp. 1 - 2, 2018.

F. Chip, "FT232R USB UART IC Datasheet," Future Technology Devices International Ltd FT232R USB UART IC Datasheet, pp. 7 - 8, 2019.

R. A. P. Hendra Kusumah, "IO ( Internet of Things)," PENERAPAN TRAINER INTERFACING MIKROKONTROLER DAN INTERNET OF THINGS BERBASIS ESP32 PADA MATA KULIAH, vol. 5, pp. 121 - 122, 2019.

H. Fahmi, "ANALYSIS QOS (QUALITY OF SERVICE) MEASUREMENT OF DELAY , JITTER, PACKET LOST AND THROUGHPUT TO GET GOOD QUALITY OF RADIO STREAMING WORK," TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, vol. 7, pp. 100 - 101, 2 12 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2023.v4i1.5403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Immanuel Christian Cahaya Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo