Modifikasi Struktur Jembatan Sumber Sari, Kalimantan Timur dengan menggunakan Sistem Busur

Yanisfa Septiarsilia, Dita Kamarul Fitriyah, Jaka Propika

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan, serta dilewati oleh sungai-sungai di setiap pulaunya. Jembatan memiliki peranan yang penting di Indonesia, jembatan bentang panjang maupun bentang pendek yang menghubungkan antar pulau maupun dengan hambatan sungai telah banyak dibangun di Indonesia. Penelitian ini fokus pada Perencanaan Jembataan dengan menggunakan sistem busur baja yang mengandung nilai seni, selain memiliki struktur yang kuat, jembatan ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Jembatan Sumber Sari, yang terletak di Kutai Barat, Kalimantan Timur memiliki bentang 82 m dengan 2 lajur kendaraan masing-masing selebar 4 m. Jembatan ini merupakan Jembatan bentang Panjang. Tahap awal perencanaan adalah perencanaan bangunan atas yang terdiri dari lantai kendaraan dan trotoar, gelagar memanjang dan gelagar melintang, kemudian konstruksi pemikul utama. Analisa dengan menggunakan program SAP 2000 dilakukan setelah dketahui beban – beban yang bekerja pada konstruksi tersebut untuk mendapatkan gaya – gaya dalam yang bekerja, khususnya untuk konstruksi pemikul utama dan konstruksi sekundernya. Setelah gaya – gaya tersebut diketahui besarnya maka dilakukan perhitungan kontrol tegangan dan perhitungan sambungan. Untuk struktur bangunan bawah direncanakan abutment (kepala jembatan) dengan pondasi tiang pancang.

Keywords

Jembatan Busur; Baja; Kinerja; SAP2000

Full Text:

PDF

References

E. Wahyuni and I. Komara, “Effect of Triangle Cables Configuration on the Behavior of Reinforced Concrete Submerged Floating Tunnel under Hydrodynamic Load,” Procedia Eng. IABSE, vol. 39, no. 1, pp. 3045–3051, 2017.

E. Wahyuni, H. Istiono, D. Iranata, and I. Komara, “Non-linear analysis of failure mechanism of steel truss bridge,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 11, no. 24, pp. 14373–14382, 2016.

I. Komara and E. wahyuni, “Evaluation of Buoyancy Weight Ratio in Submerged Floating Tunnel Under Hydrodynamic Loads. A Case Study of Seribu Islands,” in International Association for Bridge and Structural Engineering, 2016, pp. 938–945.

Y.C. Olyvia, Bayzoni, dan E. Purwanto, " Analisis Konstruksi Jembatan Busur Rangka BajaTipe A-half Through Arch", "JRSDD", Edisi Maret 2015, Vol. 3, No. 1, Hal:81 – 90 (ISSN:2303-0011).

M.S. Ardiyansyah, Ismeddiyanto, R. Suryanita, " Analisis Jembatan Busur Pejalan Kaki Berdasarkan Variasi Letak Lantai Kendaraan","Jom FTEKNIK" Volume 6 Edisi 2 Juli s/d Desember 2019.

R. Prasmoro, H.S. Masiran, E. Wahyuni, " Modifikasi Jembatan Sembayat Baru II Menggunakan Sistem Jembatan Busur Rangka Baja","JURNAL TEKNIK ITS" Vol. 6, No. 1, (2017) ISSN: 2337-3539.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.