Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Proyek Pembangunan Gereja Mawar Sharon Surabaya PT. Tatamulia Nusantara Indah

Yollananda Maha Putri Yulistina, Jenny Caroline

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu bidang pekerjaan dengan resiko kecelakaan kerjanya sangat tinggi di bandingkan dengan bidang pekerjaan yang lain, saat ini PT.Tatamulia Nusantara Indah sedang melaksanakan pembangunan Gereja Mawar Sharon Surabaya memerlukan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang baik guna dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi pekerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang di lakukan di Gereja Mawar Sharon Surabaya dan hambatan yang dapat mempengaruhinya dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para pekerja lapangan dan staff K3. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada pembangunan Gereja Mawar Sharon Surabaya telah menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik tetapi batas waktu pekerjaan yang diberikan pihak perusahaan membuat para pekerja merasa kurang nyaman.

Keywords

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja; Gereja Mawar Sharon Surabaya

Full Text:

PDF

References

Andy Maulana, Faqih. 2010. Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proyek UNY YOGYAKARTA 7 IN 1. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Andi, dkk. 2018. Faktor – Faktor Penghambat Kontraktor Untuk Melaksanakan K3 Pada Proyek Konstruksi. Dimensi, Vol 1 (1) : 173-180

Azizah, Aristya Noor. & Sigit, Adityawan. 2018. Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proyek UNY Yogyakarta 7 IN 1

Haryani, Dian. 2014. Kontribusi Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Serta Implikasinya Pada Bimbingan dan Konseling Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Mamduh (2006) Manajemen Resiko. Yogyakarta : UPP STIM YKPN Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. 2012. Jakarta : Wirata.

Ramadhan, Achmad. 2012. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) (Studi Pada Proyek Pembangunan Jalan Rawa Buaya, Cengkareng). Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Ramli, Soehatman. 2009. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.

Shafwatul, Rifat. 2017. Instrumen Penelitian Yang Valid Dan Reliabel. Dimensi, Vol 1 (1) : 1-8

Sihombing, Dameyanti., Walangitan, D. R. O. & Pratasis, Pingkan A. K. 2014. Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek di Kota Bitung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Pabrik Minyak PT.MNS). Dimensi, Vol 2 (3): 124-130.

Suranto, dkk. 2004. Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman, Dimensi, Vol 3 (2): 36-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.