Analisis Perbandingan Stabilitas Retaining Wall Soldier Piles dengan Reinforced Earth Wall

Arintha Indah Dwi Syafiarti, Faisal Hamdan, Fahmi Firdaus Alrizal

Abstract

Tol Serpong Balaraja adalah proyek infrastuktur yang diharapkan menjadi solusi pemecahan masalah kepadatan lalu lintas di Tangerang Selatan. Pada proyek Tol Serpong Balaraja terdapat pekerjaan dinding penahan tanah pada STA 2+200 – STA 2+400 untuk menahan timbunan yang menerima beban jalan on/off ramp. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara perencanaan dinding penahan tanah menggunakan metode soldier piles dan reinforced earth wall dengan perkuatan geogrid. Permodelan stabilitas internal dinding penahan tanah pada setiap metode dilakukan menggunakan PLAXIS. Dan stabilitas eksternal dihitung berdasarkan tegangan tanah horizontal. Hasil analisis menunjukkan bahwa dinding penahan tanah yang menggunakan soldier piles, menunjukkan stabilitas internal yang lebih besar daripada metode reinforced earth wall.

Keywords

Reinforced earth wall; Soldier piles; Stability

Full Text:

PDF

References

R. Rekzyanti, S. Balamba, and L. Manaroinsong, “Analisa Kestabilan Lereng Akibat Gempa (Studi Kasus : IAIN Manado),” TEKNO Vol.14/No.66/Desember 2016 ISSN 0215-9617, vol. 14, no. 66, pp. 23–33, 2016.

F. A. Putri, “Pengaruh Nilai Kohesi Tanah Terhadap Stabilitas Retaining Wall pada Basement Gedung Bertingkat,” Universitas Lampung, 2016.

B. M. Das, Principles of Foundation Engineering. 2016.

Y. Hastuti, R. M. Wahyuni, and R. Dewi, “Perkuatan Lereng Dengan Geogrid Dan Sheet Pile Pada Jalan Kikim Besar (KM. 256) Kota Lahat,” vol. 4247, no. April, pp. 1–6, 2016.

J. Bowles, Physical and Geotechnical Properties of Soil. 1984.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.