Analisis Dampak Kereta Commuter Terhadap Mobilitas Masyarakat Di Perkotaan

Bayu Yodhi Pratama

Abstract

Transportasi publik adalah suatu sarana yang diberikan oleh pemerintah maupun hibah dari pihak swasta yang sangat penting bagi kehidupan manusia di ruang lingkup perkotaan. Kereta api merupakan salah satu moda transportasi publik yang bisa digunakan oleh pelaku transportasi, selain itu kereta api juga memberikan beberapa keunggulan yang diantaranya adalah lebih cepat, bebas macet, dan relatif lebih murah dibandingkan dengan moda transportasi publik yang lain, serta resiko terjadinya tabrakan terhadap transportasi lain lebih kecil Pendekatan yang digunakan oleh penelitian ini adalah pendekatan deduktif yaitu pendektan yang memberikan pengujian atau membuktikan secara sudut pandang berdasarkan hasil pendekatan pengamatan. Dalam penyusunan pembuatan penelitian ini peneliti mengambil karakteristik dan dampak yang bisa di dapat terhadap adanya pembangunan jalur transportasi kereta commuterSebagai dampak dari pertumbuhan perekonomian yang berpusat di wilayah perkotaan mengakibatkan peningkatan aktivitas yang akan kepada tingginya penggunaan kendaraan baik pribadi maupun kendaraan publik atau umum. Pelaku perjalanan atau transportasi yang ingin memakai jasa layanan kereta api commuter di zona tempat tinggal ataupun dari zona tujuan dengan moda transportasi lainDengan pesatnya pertumbuhan perekonomian yang terjadi di wilayah perkotaan menjadikan kebutuhan akan transportasi baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum/publik. Dengan tingginya kebutuhan atau permintaan akan kendaraan baik dalam mengangkut orang ataupun barang menjadikan permasalahan baru yaitu tentang kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan raya

Keywords

Transportasi; Kereta; Mobilitas

Full Text:

PDF

References

Brotodewo, N. (2010). Penilaian Indikator Transportasi Berkelanjutan Pada Kawasan

Metropolitan di Indonesia. Journal of Regional and City Planning, 21(3), 165–182.

Elika, N., Sendra, I. M., & Eka Mahadewi, N. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kereta

Commuter Indonesia Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik Pada Era Kenormalan

Baru. Jurnal IPTA, 9(2), 223. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i02.p01

Ferdiansyah, I., Hariyani, S., & Agustin, I. W. (2023). EVALUASI KINERJA PELAYANAN

COMMUTER LINE RUTE JAKARTA KOTA-BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID -

12(April).

Fikri, W. A., Fhazrel, F. P., & Fahmi, R. A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Pt . Kereta

Api Indonesia. Analisis Kepuasan Pelanggan PT. Kereta Api Indonesia, 1(4), 1–11.Husna, V. Z. (2020). KERJASAMA ANTAR DAERAH DALAM HAL PENGELOLAAN

PELAYANAN PUBLIK DAN KAITANNYA DENGAN PENDAPATAN ASLI

DAERAH (PAD) (Studi Kasus Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah

Kabupaten Sidoarjo dalam Pengelolaan Terminal Purabaya). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu

Sosial, 17(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32599

Jayanti, R. A., Joewono, T. B., & Rizki, M. (2021). Aksesibilitas Stasiun Kereta Rel Listrik

Commuter Line Berdasarkan Persepsi Wanita. Jurnal Transportasi, 21(1), 63–72.

https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i1.4904.63-72

Jhon, F., Sitorus, P., Fassa, F., & Nurhidayah, F. (2018). Analisis Kesediaan Membayar Kereta

Commuter Line Cikarang. Prosiding Semnastek 2018, 1–11.

Kadarisman, M. (2018). Kebijakan Transportasi Kereta Cepat Jakarta Bandung Dalam

Mewujudkan Angkutan Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik

(JMTRANSLOG), 4(3), 251. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v4i3.167

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). KAJIAN KARAKTERISTIK DAN MOBILITAS PEKERJA

PENGGUNA KERETA KOMUTER SURABAYA-LAMONGAN. 367–373.

Mudzaki, Y., Firdausiyah, N., & Agustin, I. W. (2022). PENERAPAN KONSEP TRANSIT

ORIENTED DEVELOPMENT ( TOD ) DI KAWASAN STASIUN GUBENG , KOTA

SURABAYA. 11(0341), 225–234.

Nilla, N., & Moengin, P. (2019). Pengembangan Model Keselamatan pada Transportasi Kereta

Api (Studi Kasus: PT. Kereta Komuter Indonesia). JIEMS (Journal of Industrial

Engineering and Management Systems), 12(2), 100–108.

https://doi.org/10.30813/jiems.v12i2.1668

Nugroho, U. (2013). Fasilitas Park and Ride Untuk Mengurangi Kepadatan a Rus Lalu Lintas

Dan Dampak Terhadap Lingkungan Di Kota Surabaya. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik

Lingkungan, 5(2).

Pranindita, N., Christina, A., & Scholastica, A. (n.d.). TRANSFORMASI TRANSPORTASI

JAKARTA : Mengkaji ulang target emisi nol.

Rahayu Ningtyas, D., Panji Rizki, D., Rukmayuninda Ririh, K., Isharyadi, F., Sawah, J.,

Selatan, J., Riset dan Pengembangan SDM, P., Standardisasi Nasional Gedung, B.,

Puspitek, K., Setu, K., & Selatan, T. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN KONSUMEN

DALAM PENGEMBANGAN STANDAR PEGANGAN TANGAN PADA KERETA

COMMUTER LINE Consumer Needs Analysis in the Development of Handgrip Standard

on Commuter Line Trains.

Schouten, F. sofie. (2021). Kontribusi Keberlangsungan Usaha Jasa Layanan Transportasi

Publik Kereta Rel Listrik Commuter Line Terhadap Produk Domestik Bruto Sub Sektor

Angkutan Darat. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 5(2),

–64. https://doi.org/10.37367/jpi.v5i2.173

Shabrina, S., & Nurlaela, S. (2021). Komparasi Tingkat Aksesibilitas Jaringan Transportasi

Publik bagi Pekerja Ulang-Alik di Kawasan Surabaya Metropolitan Area. Tataloka, 23(3),

–376. https://doi.org/10.14710/tataloka.23.3.363-376

Sitorus, A. S., Sitorus, B., Sitorus, C. N., & Sitorus, T. I. (2022). Peran Sistem Kendali Berbasis

Komunikasi dan Automatic Train Protection pada Kereta Perkotaan dan Jarak Jauh. Jurnal

Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 6(1), 14–23.

https://doi.org/10.37367/jpi.v6i1.192

Soimun, A., & Widyastuti, H. (2020). Analisis Probabilitas Perpindahan Moda Pengguna

Sepeda Motor ke Kereta Commuter Surabaya Porong. Jurnal Penelitian Transportasi

Darat, 22(1), 47–56. https://doi.org/10.25104/jptd.v22i1.1599

Susanti, A., Soemitro, R. A. A., & Suprayitno, H. (2017). Identifikasi Awal Wilayah PengaruhKA Komuter Dengan Menggunakan Angkutan Umum Pengumpan. Rekayasa Sipil, 11(3),

–185. https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil/2017.011.03.2

Wijayanto, H. (2019). Peranan Penggunaan Transportasi Publik di Perkotaan (Studi Kasus

Penggunaan Kereta Commuterline Indonesia Rute Jakarta-Bekasi). Kybernan: Jurnal

Studi Kepemerintahan, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.35326/kybernan.v5i2.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.