Evaluasi Kinerja Fasilitas Stasiun Bojonegoro Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) dan Standar Pelayanan Minimum

Amrita Winaya Shita Dewi, Alfien May Ferro

Abstract

Bojonegoro memiliki stasiun kereta api yang tidak jauh dari pusat kota. Dikatakan stasiun besar karena memiliki fasilitas operasi, frekuensi lalu lintas dan fasilitas penunjang lainnya. Fasilitas di terminal ini juga cukup lengkap, mulai dari counter service, boarding pass, hingga self check-in seperti di bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja pelayanan Stasiun Bojonegoro telah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) dan untuk mengetahui kepuasan pengguna jasa terhadap fasilitas Stasiun Bojonegoro dengan metode IPA (Important Performance Analysis). Survei berlangsung selama satu hari dengan total 100 responden. Adapun kelengkapan fasilitas, mulai dari toilet khusus penyandang disabilitas yang sudah dibangun hingga stasiun yang sedang direnovasi semuanya memenuhi standar pelayanan minimal. Sedangkan untuk kepuasan pengguna pelayanan Stasiun Bojonegoro cukup puas, namun dari segi pelayanan petugas dan kebersihan toilet kurang puas. Dilihat dari diagram kartesius, sebagian besar petugas kebersihan dan pelayanan berada pada kuadran I. Artinya Stasiun Bojonegoro perlu meningkatkan kualitas pelayanan petugas dan kebersihan stasiun. 

Keywords

Importance Performance Analysis, Standar Pelayanan Minimum, Stasiun Bojonegoroi

Full Text:

PDF

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian, Jakarta: Sekretariat Negara, 2007.

Ho, LH, Feng, SY, Yen TM, “Using Modified IPA to Improve Service Quality of Standard Hotel in Taiwan”, Scientific Research Publishing, Vol.1 number 7, pp.222-234, 2014

Peraturan Menteri Perhubungan No. 48 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2015

Supranto, J. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”, Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Nugroho, Bimanda Maryudi, “Analisis Kualitas Pelayanan PO. Mutiara Indah Murni dan PO. Widji Lestari Terhadap Daya Pilih Responden Pada Trayek Surabaya – Tuban Dengan Titik Keberangkatan Terminal Osowilangon dan Titik Kedatangan Terminal Baru Tuban”, Skripsi tidak diterbitkan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2018.

Sugiyono, Mulyatiningsih Endang (Ed), “Statistika Untuk Penelitian”, Bandung: CV ALFABETA, 2007

Ong, JO, Pambudi, J, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT. Sucifindo (PERSERO)”, Jurnal Teknik Industri, vol.9 no.1, 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.