Analisis dan Peningkatan Kapasitas Apron di Bandara Halim Perdanakusuma
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan kapasitas pada Apron di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma meninjau dari hasil evaluasi kapasitas apron yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pesawat yang akan menggunakan apron pada tahun rencana yang kemudian akan ditentukan desain baru untuk apron agar dapat melayani pergerakan pesawat ditahun rencana yaitu tahun 2030. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan 3 skenario yang dibedakan berdasarkan tahun data yang digunakan. Proses dimulai dengan melakukan regresi linear sederhana untuk memperkirakan jumlah pergerakan pesawat dimasa mendatang. Lalu dilanjutkan dengan menentukan nilai Rmonth, Rday, dan Rhour yang kemudian dikalikan dengan nilai hasil regresi untuk mendapatkan nilai Nmonth, Nday, dan Nhour. Nilai Nhour pada tahun rencana dijadikan dasar atau acuan untuk melakukan desain penambahan kapasitas pada apron. Adapun hasil daripada Nhour ditahun rencana pada masing – masing skenario adalah 57 pergerakan untuk skenario pertama, 44 pergerakan untuk skenario kedua, dan 32 pergerakan untuk skenario ketiga. Dengan durasi parking time maksimal 45 menit makan dibutuhkan penambahan parking stand dari 16 parking stand menjadi 43 parking stand untuk skenario pertama, 35 parking stand untuk skenario kedua, dan 24 parking stand untuk skenario ketiga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Yuliana, “Strategi Pengembangan Pelayanan Publik di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta - Cengkareng,” Wartha Ardhia J. Perhub. Udar., vol. 41, no. 4, pp. 181–200, 2015.
A. H. Wibowo, R. D. Ramadhan, and B. Riyanto, “Analisis kapasitas bandara halim perdanakusuma sebagai bandara komersil,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 4, no. 4, pp. 172–188, 2015, [Online]. Available: file:///C:/Users/Basri/Downloads/9896-19105-1-SM.pdf.
H. A. P. L. Hestuningrum and E. Ahyudanari, “Manajemen Kendaraan Ground Handling di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda,” War. Ardhia, vol. 44, no. 2, pp. 99–106, 2019, doi: 10.25104/wa.v44i2.333.99-106.
A. Ratnakusuma, A. Hoyyi, and Sugito, “Analisis Sistem Antrian Pesawat Terbang Di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang,” Gaussian, vol. 4, no. 4, pp. 725–733, 2015.
H. Rahayu, E. Ahyudanari, and J. T. Sipil, “Evaluasi Kinerja Gate Assignment pada Terminal 1 Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya,” vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2016.
R. Horonjeff, F. X. McKelvey, W. J. Sproule, and S. B. Young, Planning and design of airports. McGraw-Hill Education, 2010.
ICAO, “Manual on Air Traffic Forecasting,” 2006.
D. Setiawan, “Analisis Kapasitas Apron dan Ruang Tunggu Keberangkatan Penumpang Pesawat pada New Yogyakarta International Airport,” Semesta Tek., vol. 22, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi: 10.18196/st.221234.
A. Utami and H. Widyastuti, “Model Panjang Antrian Kendaraan pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang Jl. Gayung Kebonsari Surabaya),” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 17, no. 1, p. 27, 2019, doi: 10.12962/j2579-891x.v17i1.4693.
A. Utami and H. Widyastuti, “STUDY OF SOCIETY BEHAVIOUR TO EARLY WARNING IN THE RAILWAY LEVEL CROSSING WITHOUT BARRIER IN GAYUNG KEBONSARI , SURABAYA STUDI PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP EARLY WARNING PADA PERLINTASAN SEBIDANG TANPA PALANG PINTU DI.”
M. Nursalim, E. Ahyudanari, and I. Istiar, “Evaluasi Kebutuhan Luasan Apron Pada Rencana Pengembangan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 1, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i1.22504.
A. A. V. Paendong, L. I. R. Lefrandt, and A. L. E. Rumayar, “Analisis Kapasitas dan Optimalisasi Apron Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado,” J. Sipil Statik, vol. 8, no. 2, p. 176, 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.