Perancangan Sistem Informasi Akademik Siswa Pada MA Nurul Huda

Yayat Suryatman

Abstract

Perkembangan teknologi sudah merambah segala bidang kehidupan dengan sangat pesat dan memudahkan dalam banyak kegiatan. Komputer adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk proses pengolahan data, agar data tersebut dapat di olah secara efektif dan efisien dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh suatu organisasi. Sekolah menjadi salah satu sarana dalam dunia pendidikan, juga membutuhkan komputer dalam menjalani kegiatannya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dan mengurangi tingkat kesalahan manusia (human error) dalam memasukkan data. Pendidikan sekolah tidak terlepas dari data-data siswa dan nilai-nilai akademik para siswanya. Di MA Nurul Huda proses pengolahan data masih menggunakan cara manual yaitu menggunakan program ms. excel dan ms. word saja. Sehingga pengolahan dan penyimpanan data dilakukan secara manual, maka dibutuhkan ketelitian dan waktu yang banyak untuk proses pembuatan laporan. Untuk itu perlu dibuat perancangan sistem informasi akademik siswa dengan dukungan bahasa pemograman java swing serta database MySQL.

Keywords

Perancangan sistem; Informasi akademik siswa

Full Text:

PDF

References

Imelda and M. Erik, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAJADI 9 BANDUNG,” J. Teknol. dan Inf. UNIKOM, 2013.

W. A. Septa and S. Muji, “Sistem Informasi Akademik Pada SMA Negeri 1 Batanghari Lampung Timur,” Din. Inform., 2014.

A. Rahmawati, R. Kridalukmana, and I. P. Windasari, “Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil dengan Menggunakan Java dan Mysql,” J. Teknol. dan Sist. Komput., 2015.

H. Hasanah, “Teknik-Teknik Observasi,” at-Taqaddum, 2016.