Pelayanan Kesehatan Berkualitas untuk Kepuasan Pasien

Nunuk Nurhayati, Elies Meilinawati SB

Abstract

Pelayanan kesehatan di suatu fasilitas pelayanan kesehatan dasar yaitu klinik penting dilaksanakan karena pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam perkembangan masa - masa selanjutnya. Pelayanan yang baik kepada pasien dapat menimbulkan tingkat kepuasan yang tinggi dalam diri pasien sehingga dapat mendorong konsumen untuk kembali berobat lagi di klinik tersebut. Pasien itu yang sakit tidak hanya badannya tetapi jiwanya juga sakit maka dengan memberikan pelayanan yang baik serta fasilitas yang memadai dalam klinik tersebut maka akan mempercepat proses penyembuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara pelayanan kesehatan yang sudah diberikan oleh klinik Akbar Medika Mojokerto kepada pasien terhadap kepuasan konsumen/pasien. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan langsung yaitu dengan kuesioner serta observasi / pengamatan langsung pada layanan kesehatan yang ada di Klinik Akbar Medika.  Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan kunjungan di klinik sebanyak 30 pasien, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis regresi linier berganda. Dari uji tersebut didapatkan hasil T hitung = 2,941 yang lebih besar dari T table = 1,705 yang berarti bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan mempunyai peranan penting terhadap kepuasan pasien. Dengan demikian penulis menyarankan agar pihak fasilitas pelayanan kesehatan,  yang dalam hal ini adalah  klinik lebih meningkatkan mutu pelayanan sehingga akan menimbulkan kepuasan konsumen selama berobat yaitu dengan  pelayanan yang bermutu antara lain memberikan pelayanan yang cepat, memberikan pelayanan yang tepat, memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan pelayanan yang nyaman.

Keywords

Kualitas; Pelayanan Kesehatan; Kepuasan

Full Text:

PDF

References

S. B. Buchbinder, N. H. Shanks, and B. J. Kite, Introduction to health care management. Jones & Bartlett Learning, 2019.

T. Swanwick and J. McKimm, ABC of Clinical Leadership. John Wiley & Sons, 2017.

J. Barr and L. Dowding, Leadership in health care. Sage, 2022.

J. Manurung et al., Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

I. M. S. Adiputra et al., Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

L. LIVIAH, “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN ULAWENG KABUPATEN BONE,” other, Universitas Hasanuddin, 2019. Accessed: Feb. 03, 2023. [Online]. Available: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2469/

441307502 Nur Rahmah Mus, “Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya,” skripsi, UPT. PERPUSTAKAAN, 2020. Accessed: Feb. 03, 2023. [Online]. Available: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16442/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.