Pemetaan Kinerja Ruas Jalan Provinsi Kabupaten Kediri di Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Metode SIG

Kurnia Hadi Putra, Jesika Mareta

Abstract

Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri tahun 2017 terjadi peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Kediri 4 tahun terakhir dengan presentase 4,22% dan data volume lalu lintas jalan provinsi di Kabupaten Kediri tahun 2017 dari Dinas Pekerjaan Umum Jawa Timur terjadi peningkatan volume lalu lintas pada jalan A. Yani > 60.000 kendaraan/hari. Kondisi ini berdampak pada peningkatan pengguna jalan dan tingkat pelayanan jalan (Level of Service) suatu ruas jalan. Sehingga diperlukaannya pemetan wilayah kinerja ruas jalan provinsi dengan jalan mana saja berdampak pada sistem pembangunan pemerintahan Kabupaten Kediri dengan berbasis SIG yang dapat membantu Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur dalam menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada arus jalan lalu lintas, berdasarkan data volume lalu lintas, dan kapasitas jalan yang di analisa berdasarkan MKJI 1997 untuk mendapatkan nilai derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Analisis Derajat kejenuhan jalan provinsi di Kabupaten Kediri menunjukkan sebagian besar memiliki nilai rasio sebesar 00.00 – 0.20, 0.20 - 0.44, dan 0.45 - 0.74. Pada ruas jalan A. Yani menunjukan rasio derajat kejenuhan sebesar 0.85-1.00 dan > 1.00. Tingkat pelayanan jalan (LoS) pada ruas jalan provinsi di Kabupaten Kediri sebagian besar berwarna hijau muda, hijau, dan kuning dengan kategori A, kategori B dan kategori C. Namun tidak pada ruas jalan A. Yani yang terlihat berwarna ungu dan merah memiliki tingkat pelayanan jalan (LoS) dengan kategori E dan kategori F.

Keywords

Derajat kejenuhan; Kapasitas jalan; Kinerja jalan; Sistem Informasi Geografis (SIG); Tingkat pelayanan jalan

Full Text:

PDF

References

Abubakar, dkk.1995. Sistim Transportasi Kota. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Abubakar, dkk.1996. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib, edisi yang disempurnaka. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Budi Prasetyo, Agustinus.2009. Pemetaan Lokasi Rawan dan Resiko Bencana Banjir di Kota Surakarta Tahun 2007. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Aronoff, Stan.1989. Geographic Information System; A Management Perspective. Ottawa: WDL, Publications.

Brinker, Russell, C., dan Paul, R. Wolf. 1984. Elementary Surveying, atau Dasar-Dasar Pengukuran Tanah, Terj. Djoko Walijatun, Jakarta: Erlangga.

DAI. 2007. Panduan Pemetaan Partisipatif, Malang: Environmental Services Program.

Gistut. 1994. Sistem Informasi Geografis. Gramedia Pustaka Utama.

Hobbs, F.D. 1979. Traffic Planning and Engineering, Second edition, edisi Indonesia, 1995, terjemahan Suprapto T.M. dan Waldijono, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Yogyakarta: Edisi kedua, Gadjah Mada University Press Yogyakarta.

Kaisar, Abd. 2016. Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan pada Jaringan Jalan Arteri di Kota Makassar Berbasis SIG Berdasarkan Metode MKJI 1971. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Universitas Hasanuddin.

________1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.